Bobotoh Sejati vs Bobotoh Karbitan Persib Bandung

Posted by Bandung Aktual on June 16, 2017 | Follow @bandungaktual

Bobotoh Sejati vs Bobotoh Karbitan Persib Bandung
BOBOTOH, menurut Kamus Bahasa Indonesia, adalah sebutan untuk pendukung sepakbola. Namun, istilah Bobotoh saat ini bermakna khusus, yakni suporter atau pendukung klub sepakbola Persib Bandung.

Menurut Wikipedia, Bobotoh adalah sebutan untuk pendukung klub sepakbola Persib Bandung.

Nama atau istilah Bobotoh berasal dari bahasa Sunda yang berarti orang-orang yang mendorong atau membangun semangat bagi orang lain.

Bobotoh Persib mengorganisasikan diri dalam beberapa kelompok suporter, seperti Viking Persib Club dan Bomber. Ada juga Bobotoh Oriental, Hooliganisme, Ultras, dan Casuals.

Kelompok terbesar Bobotoh adalah Viking Persib Club.

Belakangan muncul istilah Bobotoh Sejati dan Bobotoh Karbitan. Keduanya muncul di media sosial seiring maraknya kritik terjadap penampilan Persib Bandung di Liga 1 2017.

Dari komentar-komentar yang muncul, sebutan Bobotoh Sejati ditujukan kepada suporter atau fans Persib yang tetap memberi dukungan baik menang maupun kalah.

Istilah Bobotoh Karbitan ditujukan kepada suporter Persib yang hanya mendukung dan memuji ketika menang.

Istilah Bobotoh Sejati dan Bobotoh Karbitan tidaklah tepat digunakan dan harus dihapuskan karena hanya membuat perpecahan di kalangan bobotoh. 

Yang menuduh orang lain bobotoh karbitan terkesan "merasa paling bobotoh" atau "asa pang bobotohna". Bobotoh Karbitan bermakna negatif yang hanya membuat pihak yang dituduh tersinggung.

Bisa jadi, yang disebut Bobotoh Karbitan adalah mereka yang meramaikan #DjanurOut dan #KosongkeunStadion. Sedangkan Bobotoh Sejati adalah mereka yang meramaikan #InDjanurWeTrust atau #SaveDjanur.

Namun, harus diingat, Bobotoh menunjukkan dukungan kepada Persib dengan berbagai cara, tidak hanya dengan datang ke stadion dan bersorak-sorai memberi semangat.

Kritik, bahkan caci-maki sekalipun, sejatinya menunjukkan kecintaan mereka kepada Persib. Mereka PEDULU kepada Persib. Justru caci-maki itu merupakan wujud kecintaan dan kepedulian. Jika tidak cinta dan tidak peduli, masa bodo amat sama Persib! Mau bagus mau tidak, masa bodo!

Dengan demikian, sebenarnya tidak ada istilah Bobotoh Sejati dan Bobotoh Karbitan. Semuanya Bobotoh. Hanya cara mengekspresikan dukungannya yang beragam.

Dalam kamus fans sepakbola, kita menemukan istilah fake fans dan plastic pan yang merujuk pada bukan suporter sejati.

A Fake Football Fan atau Glory supporter merujuk pada orang yang hanya ikut-ikutan mendukung dan muncul saat sebuah tim menang atau hanya sesekali saja menunjukkan dukungan.

Plastic Fan yaitu fans yang memberi dukungan kepada sebuah tim, namun tidak banyak tahu tentang sejarah, budaya, nama-nama pemain, dan prestasi tim. Bisa dikatakan, plastic fans hanya "simpatisan".

Demikian ulasan Bobotoh Sejati vs Bobotoh Karbitan Persib Bandung. Yang pasti, suporter yang suka menyalakan flare, kembang api, atau masuk lapangan dan pelanggaran lainnya, BUKAN BOBOTOH, melainkan "penyusup" yang hanya merugikan Persib dan nama baik Bobotoh!

Yang namanya Bobotoh Persib tidak akan berbuat sesuatu yang merugikan tim Persib Bandung. Bobotoh Persib harus mewaspadai banyaknya "penyusup" tersebut dengan ciri utama menyalakan flare, kembang api, atau melanggar aturan pertandingan.

Wasalam. (Admin BandungAktual.com).*

» Hatur Nuhun sudah baca Bobotoh Sejati vs Bobotoh Karbitan Persib Bandung

Previous
« Prev Post

0 Response to "Bobotoh Sejati vs Bobotoh Karbitan Persib Bandung"