Persib Menanti Sanksi Denda Lebih Berat dari Komdis PSSI

Posted by Bandung Aktual on July 27, 2017 | Follow @bandungaktual

Ricuh di GBLA usai kontra Persija, Persib akan menerima sanksi denda ke-9 kalinya selama Liga 1 2017. Sejauh ini Persib didenda Rp481,25 juta dalam 8 laga.

Persib Menanti Sanksi Denda Lebih Berat dari Komdis PSSI
BandungAktual.com -- Persib Bandung dipastikan kembali menerima sanksi dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI.

Hukuman akibat ulah Bobotoh ini merupakan sanksi kesembilan yang akan diterima Persib selama bergulirnya Gojek Traveloka Liga 1 2017.

Total, sejauh ini, Persib sudah menerima sanksi denda Rp481,25 juta dalam 8 laga.

Rata-rata sanksi diberikan akibat ulah Bobotoh yang melempar botol minuman ke lapangan, menyalakan flare, smoke bomb, dan kembang api.

Jumlah tersebut sudah melebihi jumlah denda bagi Persib di TSC 2016 yang mencapai angka Rp230 juta dari 9 kali sanksi denda yang diterima.

Sanksi terbaru atau sanksi ke-9 akan didapat Maung Bandung akibat kericuhan di akhir pertandingan Persib vs Persija Jakarta di Stadion GBLA, Sabtu (22/7/2017) malam.

Kericuhan di GBLA itu melibatkan semua pemain, official, dan bobotoh. Sepanjang laga dan usai pertandingan, bobotoh melakukan pelemparan ke lapangan dengan target pemain Persija.

Lihat: Video Kericuhan di GBLA Usai Laga Persib vs Persija 22/7/2017

Manajer Persib Umuh Muchtar mengaku pasrah. Ia berharap, Komdis PSSI tidak menjatuhkan sanksi yang lebih berat dari Komdis PSSI.

"Apa yang dilakukan bobotoh itu karena spontan, termasuk teriakan ke [tim] lawan maupun wasit. Kita lihat nanti, apakah kami kena hukuman lagi. Mudah-mudahan tidak ada masalah,” ujar Umuh di situs resmi klub.

"Saya sudah mengimbau supaya tidak lempar-lempar. Kalau penonton tenang, konsentrasi pemain juga tidak terganggu, dan kami akan untung. Tapi masih terjadi pelemparan, pertandingan terhenti,” katanya dalam konferensi pers usai pertandingan.

Sebelumnya, Persib sudah berkali-kali mendapatkan sanksi denda dari Komdis PSSI, bahkan sejak pertandingan perdana Liga 1 kontra Arema FC 15 April 2017.

Sanksi denda pertama sebesar Rp20 juta akibat ulah bobotoh menyalakan flare saat Persib menghadapi Arema FC.

Sanksi denda kedua Rp10 juta karena penonton menyalakan flare yang dinyalakan oleh penonton saat pertandingan kandang Persib melawan Sriwijaya FC pada Sabtu, 29 April 2017 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Sanksi denda ketiga sebesar Rp30 juta bagi Persib diberikan Komdis PSSI akibat ulah bobotoh saat Persib menjamu Persipura.

Sankdi denda keempat Rp45 juta karena flare dan serbuan oknum bobotoh ke lapangan saat Persib dijamu Bhayangkara FC di Bekasi.

Sanksi denda kelima juga sebesar Rp45 juta karena pelemparan botol air mineral ke lapangan saat Maung Bandung menjamu Persiba Balikpapan di GBLA.

Sanksi denda keenam jauh lebih besar, yakni sebesar Rp110 juta, karena ulah oknum Bobotoh pada laga tandang di Madura. Suporter Persib Bandung terbukti menyalakan flare dan smoke bom. Sanksi lebih besar karena suporter Persib Bandung melakukan pelanggaran berulang.

Sanksi ketujuh yang diterima Persib berupa denda Rp101,25 juta akibat tingkah laku buruk suporter saat menjamu PSM Makassar di GBLA.

Sanksi kedelapan berupa denda Rp120.000.000 karena penonton terbukti melakukan pelemparan botol pada pertandingan Persib Bandung melawan Persela Lamongan. Supporter Persib Bandung telah melakukan pelanggaran berulang.

Total hingga saat ini, Persib harus menerima sanksi denda terbanyak Rp 481,25 juta.

Kini sanksi kesembilan menanti Persib akibat kericuhan di GBLA di akhir laga kontra Persija. Sanksi kedelapan ini diperkirakan lebih besar. Pasalnya, selain berupa pelanggaran berulang, kericuhan kali ini lebih besar dibandingkan ulah bobotoh sebelumnya.

Daftar Sanksi/Denda PSSI bagi Persib di Liga 1 2017

1. Sidang Komdis 28 April 2017: Pelanggaran penyalaan flare, pelemparan botol dan bom asap, Panpel (Panitia Pelaksana) Persib Bandung disanksi denda Rp20 juta

2. Sidang Komdis 4 Mei 2017: Panitia Pelaksana Pertandingan Persib Bandung dikenakan sanksi denda Rp10 juta karena penonton menyalakan flare.

3. Sidang Komdis 10 Mei 2017: Panitia Pelaksana Pertandingan Persib Bandung dikenakan sanksi denda Rp30 juta karena penonton menyalakan flare, petasan dan melakukan pelemparan botol.

4. Sidang Komdis 13 Juni 2017: Persib Bandung dikenakan sansi berupa larangan memakai atribut ke dalam stadion sebanyak tiga kali dan denda Rp45 juta karena terbukti supporter masuk ke dalam lapangan dan membakar flare pada pertandingan melawan Bhayangkara FC.

5. Sidang Komdis 21 Juni 2017: Panitia Pelaksana Pertandingan Persib Bandung dikenakan sanksi berupa denda Rp45 juta karena supporter terbukti melakukan pelemparan botol air mineral ke arah pemain di lapangan pada pertandingan Persib melawan Persiba Balikpapan. Suporter telah melakukan pelanggaran berulang.

6. Sidang Komdis 13 Juli 2017: Panitia Pelaksana Pertandingan Persib Bandung dikenakan sanksi berupa denda Rp101,250 juta karena supporter terbukti melakukan pelemparan botol, tidak patuh pada putusan komisi disiplin tentang larangan suporter memakai atribut pada pertandingan melawan PSM Makassar. Suporter Persib telah melakukan pelanggaran berulang.

7. Sidang Komdis 13 Juli 2017: Persib Bandung dikenakan sanksi berupa denda Rp110 juta karena supporter terbukti menyalakan flare dan bom asap pada pertandingan melawan Madura United. Suporter Persib Bandung telah melakukan pelanggaran berulang.

8. Sidang Komnis 19 Juli 2917: Panitia Pelaksana Pertandingan Persib Bandung dikenakan sanksi denda Rp. 120.000.000,- karena penonton terbukti melakukan pelemparan botol pada pertandingan Persib Bandung melawan Persela Lamongan. Supporter Persib Bandung telah melakukan pelanggaran berulang.

Jumlah Denda:
  1. Rp20 juta (Persib vs Arema)
  2. Rp10 Juta (Persi vs Sriwijaya)
  3. Rp30 Juta (Persib vs Persipura)
  4. Rp45 Juta plus larangan atribut di tiga laga (Bhayangkara FC vs Persib)
  5. Rp45 juta (Persib vs Persiba)
  6. Rp110 juta (Madura United vs Persib)
  7. Rp101,25 juta (Persib vs PSM)
  8. Rp120 juta (Persib vs Persela)
  9. Rp ??? juta (Persib vs Persija Jakarta)

Daftar Sanksi Denda Persib di TSC 2016

1. Persib didenda Rp10 juta dalam kasus pelanggaran disiplin terkait tanggung jawab tingkah laku penonton saat Persib menjamu Sriwijaya FC, di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung, Sabtu 30 April 2016.

2. Persib didenda Rp15 juta dengan kasus serupa yakni tingkah laku buruk suporter penyalaan petasan dan pelemparan botol ke lapangan pada laga tandang kontra Bhayangkara FC di Sidoarjo pada 11 Juni 2016.

3. Persib didenda Rp15 juta dengan kasus serupa yakni tingkah laku buruk suporter penyalaan petasan dan pelemparan botol ke lapangan pada laga menjamu Mitra Kukar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), pada 18 Juni 2016.

4. Persib didenda Rp25 juta dengan kasus serupa Bobotoh menyalakan
smoke bomb saat Persib bertamu ke markas Persegres Gresik United, di Stadion Petrokimia Gresik, pada 27 Juni 2016.

5. Persib didenda Rp15 juta karena oknum bobotoh yang menyalakan flare dan pelemparan pada laga menjamu Persija Jakara, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), 16 Juli 2016.

6. Persib didenda Rp15 juta atas tingkah laku Bobotoh melemparkan botol ke arah lapangan pada menit ke-83 dan 88, kala Persib menjamu Persiba Balikpapan di Stadion Wibawa Mukti Bekasi, 1 Oktober 2016.

7. Persib didenda Rp35 juta dengan kasus yang sama Bobotoh menyalakan bom asap saat Persib bertandang ke markas Madura United, pada 8 Oktober 2016. Denda tersebut dua kali lipat lebih dari jumlah denda sebelumnya, sebab ini merupakan pengulangan setelah sebelumnya juga pernah menyalakan bom asap dalam pertandingan Persib.

8. Persib didienda Rp50 juta akibat pelanggaran terhadap regulasi pasal 68 Ayat 7 tentang Area Eksklusif Komersial, yakni terbentangnya spanduk di tribun timur bagian atas dan pojok kanan dan kiri pada pertandingan Persib menjamu Bhayangkara FC, di Stadion Wibawa Mukti, pada 12 Oktober 2016.

9. Persib didenda Rp50 juta akibat pada pertandingan Persib menjamu Persegres Gresik United di Stadion Wibawa Mukti Bekasi, 22 Oktober 2016, ada spanduk di tribun timur dan bendera yang digerakkan dengan tongkat sepanjang pertandingan.

(Sumber: pssi.org/persib.co.id)

» Hatur Nuhun sudah baca Persib Menanti Sanksi Denda Lebih Berat dari Komdis PSSI

Previous
« Prev Post

0 Response to "Persib Menanti Sanksi Denda Lebih Berat dari Komdis PSSI"