Si Maung, Maskot Pilwalkot Bandung 2018

Posted by Bandung Aktual on September 1, 2017 | Follow @bandungaktual

Si Maung, Maskot Pilwalkot Bandung 2018
Si Maung terpilih menjadi maskot Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Bandung 2018 setelah melalui perlombaan yang digelar KPU Kota Bandung.

Nama Si Maung merupakan akronim Mau Milih Untuk Bandung. 

Maskot Pilwalkot Bandung 2018 tersebut berbentuk seperti harimau dengan dominasi warna oranye. Masing-masing tangan Si Maung memegang jarum dan kertas Pilwalkot Bandung 2018.

Menurut Ketua KPU Kota Bandung, Rifqi Almubarok, kehadiran maskot dan jingle baru Pilwalkot Bandung ini akan menjadi salah satu alat promosi KPU untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam pelaksanaan Pilwalkot Bandung 2018.

"Maskot dan jingle ini akan memberikan informasi mengenai pilwalkot bisa tersampaikan kepada masyarakat," kata Rifqi.

Pemenang maskot KPU Bandung, Asep Eko Budi Laksono, mengatakan, karakter Si Maung berupa singa lucu ini diharapkan dapat diterima masyarakat dan bisa menggiring warga untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilwalkot Bandung 2018.

"Idenya dari Maung Bandung. Tapi, saya kreasikan kembali. Maung memang punya filosofi yang kental dengan Bandung sejak dulu, " ujarnya.

Desain maskot harimau karya Asep Eko terpilih sebagai juara dari 10 karya lainnya. Dewan juri mempertimbangkan hasil desain yang bisa terhindar dari identitas bakal calon atau ciri khas sebuah partai.

Maskot harimau bernama Simaung itu terpilih karena merepresentasikan sifat ramah. Sesuai warna khas KPU, jingga atau oranye dipilih karena dianggap tidak identik dengan warna khas partai politik.

Sinyal sosialisasi cukup kuat dalam kaos yang digunakan harimau itu. Namun, gambar tangan memasukkan surat suara ke dalam kotak suara itu akan terlihat jika media yang digunakan cukup besar.

Terdapat tanggal 27 Juni 2018 dalam kaos itu, sebagai pengingat bagi warga untuk mencoblos pilihannya.

Di tangan kanan maskot terdapat paku untuk mencoblos, dan surat suara berlogo KPU di tangan kiri. Jika diperhatikan, tidak ada jari pada maskot itu.

Ketua KPU Kota Bandung Rifqi Alimubarok menjelaskan, tanpa jemari maskot akan lebih terkesan netral.

"Kita ingin menghindari asumsi pihak yang menyangka KPU menggiring publik lewat jumlah jari pada maskot," kata Rifqi dikutip Pikiran Rakyat.


Pilwalkot Bandung 2018 diprediksi memunculkan banyak calon. Sejauh ini tidak kurang dari 33 nama muncul sebagai bakal cawalkot yang akan diusung partai politik.

Di antara nama balon walkot Bandung 2018 adalah Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial sebagai bakal cawalkot terpopuler menurut survei, Sekda Kota Bandung Yossi Irianto, Nurul Arifin (politisi Golkar), Fiki Satari (Ketua Karang Taruna Kota Bandung ), M Farhan (presenter), Ricky Subagja (Demokrat), dan mantan Wakil Wali Kota Bandung Ayi Vivananda.*

» Hatur Nuhun sudah baca Si Maung, Maskot Pilwalkot Bandung 2018

Previous
« Prev Post

0 Response to "Si Maung, Maskot Pilwalkot Bandung 2018"