Presiden Siapkan Calon Pj Gubernur Jabar Pengganti Ridwan Kamil

Presiden Siapkan Calon Pj Gubernur Jabar Pengganti Ridwan Kamil

Presiden Jokowi mengaku sudah menyiapkan dua nama calon Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat yang akan menggantikan Ridwan Kamil. Masa jabatan Ridwan Kamil berakhir September 2023. PJ Gubernur Jabar akan menjabat hingga ada gubernur baru usai Pilgub Jabar 2024.

Usai peresmian Tol Cisumdawu, Sumedang, Selasa (11/7),  mengatakan sudah menyiapkan satu-dua nama yang akan menjadi Pj Gubernur Jabar. Namun, ia belum mengungkapkan dua nama itu.  “Ya satu dua ada lah,” katanya.

Jokowi berdalih, masih cukup waktu hingga masa jabatan Ridwan Kamil selesai.  “Wong masih lama, masih lama. Ini bulan apa? Kan masih lama,” ucapnya.

Masa jabatan Ridwan Kamil dan Ruzhanul Ulum sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jaba akan habis pada September 2023. Mereka akan digantikan oleh penjabat gubernur hingga ada gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat hasil Pilkada Serentak 2024.

Nama pj gubernur diusulkan oleh menteri dalam negeri atas usulan DPRD provinsi setempat. Nama-nama itu akan diusulkan ke Presiden Jokowi. Tiap fraksi di DPRD Jabar dapat mengajukan tiga nama. Pj gubernur diambil dari aparatur sipil negara (ASN) pimpinan tinggi madya setara eselon I. (Antara)

Baca Juga

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *