Pilgub Jabar 2018: Golkar-Demokrat Dukung Dedi Mulyadi dan Deddy Mizwar

Posted by Bandung Aktual on December 28, 2017 | Follow @bandungaktual

Dedi Mulyadi-Deddy Mizwar
Dedi Mulyadi-Deddy Mizwar (Golkar-Demokrat)
Pilgub Jabar 2018: Golkar-Demokrat Dukung Dedi Mulyadi dan Deddy Mizwar. Koalisi Gerindra-PKS-PAN Usung Sudrajat-Ahmad Syaikhu.

Golkar-Demokrat sepakat mengusung Dedi Mulyadi dan Deddy Mizwar dalam Pilgub Jabar 2018. Posisi Cagub-Cawagub belum ditentukan.

Kesepakatan dicapai setelah Golkar menarik dukungan kepada Ridwan Kamil dan mencalonkan Dedi Mulyadi serta Deddy Mizwar ditinggalkan PAN-PKS yang berkoalisi dengan Gerindra yang mengusung Sudrajat-Ahmad Syaikhu.

Sebelumnya, Deddy Mizwar mengatakan dirinya punya rencana cadangan jika ditinggal PAN-PKS. Dalam berbagai survei, Demiz menjadi Cagub Jabar terpopuler dengan elektabilitas tertinggi.

Kesepakatan koalisi Golkar-Demokrat dicapai Ketua DPD Partai Demokrat Jabar Irfan Suryanagara dan Ketua DPD Golkar Jabar Dedi Mulyadi. Keduanya tinggal menunggu pengesahan dari DPP masing-masing.

Sudrajat-Ahmad Syaikhu
Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Gerindra-PKS-PAN).
Sebelumnya, Demokrat, PAN, dan PKS telah bersepakat mengusung Deddy Mizwar-Ahmad Syaikhu. Namun, belakangan PAN dan PKS menarik dukungan dan bergabung dengan koalisi reuni bersama Gerindra untuk mendukung pencalonan Sudrajat-Ahmad Syaikhu.

Dengan demikian, sejauh ini baru ada dua pasangan calon yang hampir pasti maju di Pilgub Jabar 2018, yakni Dedi Mulyadi-Deddy Mizwar (Golkar-Demokrat) dan Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Gerindra-PKS-PAN).

Ridwan Kamil yang sudah ditinggalkan Golkar kini hanya diusung NasDem, PPP, dan PKB. Namun, PPP dan PKB menyatakan siap menarik dukungan jika Ridwan tidak memilih cagub dari partainya.

Ridwan Kamil-Uu Rizhanul Ulum
Ridwan Kamil-Uu Rizhanul Ulum (Nasdem-PPP).*
Wakil Sekretaris Jenderal PPP Achmad Baidowi mengatakan partainya masih tetap komitmen mendukung Ridwan Kamil sebagai bakal calon Gubernur Jawa Barat, berpasangan dengan Uu Ruzhanul Ulum sebagai bakal calon Wakil Gubernur Jabar.

Dengan demikian, kemungkinan besar Pilgub Jabar 2018 diikuti tiga pasangan cagub-cawagub, yakni Dedi Mulyadi-Deddy Mizwar (Golkar, Demokrat), Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Gerindra, PKS, PAN), dan Ridwan Kamil-Uu Rizhanul Ulum (NasDem, PPP, PKB).

Pasangan calon keempat bisa muncul jika PDIP dan PKB berkoalisi. PDIP bahkan bisa mengusung calon sendiri. (Liputan6.com/Kompas.com/Antara).*

» Hatur Nuhun sudah baca Pilgub Jabar 2018: Golkar-Demokrat Dukung Dedi Mulyadi dan Deddy Mizwar

Previous
« Prev Post

0 Response to "Pilgub Jabar 2018: Golkar-Demokrat Dukung Dedi Mulyadi dan Deddy Mizwar"