Ridwan Kamil Dinilai Gagal Pimpin Kota Bandung

Posted by Bandung Aktual on February 9, 2018 | Follow @bandungaktual

Dinilai Gagal Pimpin Kota Bandung, Ridwan Kamil Sebutkan Ratusan Penghargaan
Wali Kota Bandung Bandung Ridwan Kamil selama ini terkesan berhasil memimpin Kota Bandung. Sejumlah penghargaan yang diterima Emil --sapaan akrab Ridwan Kamil-- menjadi bukti kesuksesannya.

Namun, menurut lembaga riset Veritas, Emil justru gagal memimpin Kota Bandung. Hasil survei yang dirilis menunjukkan, Pemkot Bandung gagal mengatasi permasalahan utama Kota Bandung.

Survei ini diperoleh dari 320 responden yang mewakili populasi rumah tangga yang tersebar di seluruh wilayah Kota Bandung. 

Pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam yang dilakukan petugas terlatih dan didampingi kuesioner terstruktur. Margin of eror 5,48 persen.

Menurut Direktur Lembaga Survei Veritas, Syahid Irfan Mubarok, pemerintahan Ridwan Kamil dinilai gagal karena terjadi ketidaksinkronan antara apa yang diharapkan mayoritas warga Bandung dengan apa yang dikerjakan pemkot Bandung. Utamanya untuk permasalahan utama yang diinginkan masyarakat belum teratasi.

"Walaupun agak berat mengatakan ini, tapi ini fakta di lapangan. Kenapa? Karena tidak sinkron apa yang diharapkan masyarakat dan apa yang dikerjakan Pemkot Bandung. Jadi keinginan publik tidak didengarkan. Yang dilakukan bukan prioritas yang diinginkan," ujar Syahid dikutip Merdeka, Kamis (8/2).

Dikemukakannya, tiga permasalahan utama Kota Bandung yang belum tertangani menurut masyarakat yakni ekonomi, kemacetan, dan banjir.

Untuk masalah ekonomi, kata Syahid, masyarakat mengaku sulit mendapatkan pekerjaan. Selain itu, daya beli dan pendapatan yang tidak mengalami kemajuan signifikan.

"Kami bertanya, dibanding 5 tahun lalu periode Pak Dada Rosada, mayoritas pendapatan menurun 43,13 persen. Jadi bisa disimpulkan mayoritas warga Bandung tidak mengalami kemajuan secara ekonomi. Kemudian dibanding 5 tahun lalu apa tabungan meningkat tetap atau turun. Mayoritas tetap dan tidak menabung," katanya.

Untuk masalah kemacetan, sebanyak 89 persen warga Bandung menilai kemacetan di Bandung makin parah.

Hasil survei juga menunjukkan, sebanyak 62 persen masyarakat berpendapat bahwa masalah banjir belum teratasi selama lima tahun ini.

"Sebanyak 89 persen bilang kemacetan tidak teratasi. Ini bukan pendapat kami tapi masyarakat yang merasakan di jalanan. Begitu juga masalah banjir. Sebanyak 62 persen itu masyarakat berpendapat bahwa masalah banjir belum teratasi," katanya.

Di sisi lain, menurut Syahid, banyak pula hal positif yang telah dilakukan pemerintaha Ridwan Kamil. Namun, kebanyakan berupa pembangunan fisik seperti taman dan sejumlah infrastruktur.

"Jadi alasan kami mengatakan Ridwan Kamil gagal, dia jalannya pembangunan fisik, indeks kebahagiaan. Tapi yang diharapkan masyarakat bukan itu, tapi masalah ekonomi kemacetan dan banjir," ucapnya.

Menurut Syahid, Ridwan Kamil adalah selebgram, artis banyak followersnya.

"Nah, kenapa sih Ridwan Kamil ini sebetulnya menurut kami gagal tapi mencitrakan sukses. Ini namanya politik gincu, citranya baik tapi masalahnya tidak terselesaikan," pungkasnya.

Menanggapi hasil survei tersebut, Emil mengatakan tak sependapat. Ia memiliki bukti terkait kinerjanya memimpin Bandung, termasuk berbagai penghargaan yang telah diterima Kota Bandung menjadi buktinya.

"Enggak. Saya punya bukti statistik ratusan penghargaan," ujar Emil, Jumat (9/2/2018).

Emil menyebutkan, survei tersebut rentan dengan kepentingan karena dirilis jelang gelaran pilkada.

"Jadi tidak anti kritik, tapi Saya sudah baca bahasanya boombastis, timing-timing pilkada. Saya terima apa adanya saja (hasil survei). Biar berbeda dengan mereka, itu yang Saya yakini juga," katanya.

Emil pun mengaku tidak mengetahui lembaga survei tersebut. Dia baru mendengar ada Lembaga Riset Veritas.

"Itu mah baru dengar juga lembaganya. Saya belum bisa verifikasi. Saya butuh verifikasi dulu. Semua orang di pilkada ini mah akan banyak terjadi isu ini itu," katanya.*

» Hatur Nuhun sudah baca Ridwan Kamil Dinilai Gagal Pimpin Kota Bandung

Previous
« Prev Post

0 Response to "Ridwan Kamil Dinilai Gagal Pimpin Kota Bandung"