Persib Bandung Berpeluang Kelola Stadion GBLA

Posted by Bandung Aktual on February 6, 2018 | Follow @bandungaktual

Persib Bandung Berpeluang Kelola Stadion GBLA
Manajemen Persib Bandung berpeluang mengelola Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage milik Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

Selama ini Stadion GBLA dikelola Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung, namun tidak berjalan baik.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Yossi Irianto, Pemkot Bandung membuka peluang bagi PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) untuk mengelola stadion bertaraf internasional tersebut yang memang dibangun untuk Persib.

Skema pengelolaan itu tengah dibahas, termasuk mengenai bagi hasil dari pengelolaan tersebut.

"Dia (PT PBB) mengajukan GBLA. Selama ini dikelola Dispora tidak maksimal, rumput mati, air bocor, memang biaya pemeliharaan tinggi. Untuk listrik saja Rp1,2 miliar per tahun, Rp100 juta per bulan, belum lagi pemeliharan gedung,” ujar Yossi Irianto dikutip laman PRFMNews, Senin (5/2/2018).

PT Persib dianggap paling tepat mengelola Stadion GBLA sebab menaungi tim Persib yang menjadi salah satu ikon sekaligus kebanggaan warga Bandung dan Jawa Barat.

"Sebelum kepada yang lain, tentu buat Persib dulu, ke PT PBB karena masih tim kita, saham kita juga, masyarakat yang punya, bobotoh," ujar Yossi Irianto.

PT PBB sudah mengajukan surat permohonan secara resmi kepada Wali Kota Bandung Ridwan Kamil terkait rencana itu. Meski demikian, saat ini belum ada keputusan terkait pengelolaan tersebut karena masih banyak yang perlu dibahas.

"Hitungannya belum keluar. Nanti dibentuk tim independen untuk menghitung itu, tetapi prinsipnya menguntungkan, dengan keinginan Persib menjadikan GBLA sebagai markasnya, kami sepakat mengenai itu, supaya bobotoh bisa menikmati," ujar Yossi.

Selama ini, Persib memakai dua stadion untuk menggelar pertandingan kandangnya, yakni Stadion GBLA dan Stadion Si Jalak Harupat Soreang milik Pemerintah Kabupaten Bandung.

Sebelumnya, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menegaskan, Pemkot Bandung berencana menarik retribusi dari sarana olahraga, salah satunya dari pengelolaan Stadion GBLA.

Rencananya, stadion bertaraf internasional itu akan dikelola secara profesional.

"Di masa depan, pengelolaan fasilitas olahraga tidak akan oleh Dispora. Dikelola secara profesional seperti Stadion di Madrid dan Barcelona," ujarnya.

Menurut Emil, PNS Dispora nantinya hanya fokus pada regulasi dan juga untuk mencegah KKN. 

"Keuntungannya SDM kita enggak kebawa-bawa. Ada jaminan income yang jelas dan tidak ada KKN di lapangan yang sering terjadi seperti sekarang," ungkapnya.

Pihak Persib sendiri menyatakan siap mengelola GBLA. Manajer Persib, Umuh Muchtar, pernah menegaskan, pihaknya siap mengikuti  proses lelang untuk mengelola GBLA.

"Sudah pasti kami akan ikut. Tapi berapa nilainya kami belum tahu. Kami juga harus lihat dulu dan disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan," ujar Umuh. 

Bahkan, menurut Umuh, jika harga yang ditawarkan disanggupi, maka PT PBB berencana akan mengontrak berkapasitas 38 ribu kursi penonton tersebut selama lima tahun ke depan. 

 "Bukan untuk latihan saja. Kami akan lakukan segala cara agar selalu ramai. Bisa juga dibuatkan cafe atau apa biar banyak juga yang datang," kata Umuh.

Pembangunan Stadion GBLA dilakukan masa pemerintahan Wali Kota Dada Rosada. Saat itu dikemukakan, latar belakang pembangunan Stadion GBLA memang untuk menjadi home base Persib yang waktu itu berkandang di Si Jalak Harupat milik Pemkab Bandung.*

» Hatur Nuhun sudah baca Persib Bandung Berpeluang Kelola Stadion GBLA

Previous
« Prev Post

0 Response to "Persib Bandung Berpeluang Kelola Stadion GBLA"