Persib Didenda Rp100 Juta Akibat Flare dan Bomb Smoke Bobotoh di GBLA

Bandung Aktual   April 5, 2018   Follow @bandungaktual
Persib Didenda Rp100 Juta Akibat Flare dan Bomb Smoke Bobotoh di GBLA
Persib Bandung disanksi denda Rp 100 juta oleh Komisi Disiplin PSSI akibat oknum Bobotoh --atau suporter berkedok Bobotoh-- menyalakan flare dan smoke bomb di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dalam laga Persib vs PS Tira 26 Maret 2018.

Dilansir persib.co.id, sanksi tersebut tertuang dalam Surat Komisi Disiplin PSSI tertanggal 3 April 2018. 

Disebutkan dalam surat tersebut, fakta pertama yang mendasari sanksi adalah adanya suporter yang menyalakan flare dan smoke bomb. Selain itu, ditemukan juga aksi pelemparan kemasan air mineral ke dalam lapangan.

"Merujuk kepada pasal 70 ayat (1), lampiran satu, Kode Disiplin PSSI, Persib Bandung dihukum denda sebesar Rp. 100.000.000 (seratus juta rupiah) karena telah terjadi pelanggaran terhadap pasal 70 ayat (1) Kode Disiplin PSSI,"‎ demikian bunyi keputusan surat yang ditandatangani Ketua Komisi Disiplin PSSI, Asep Edwin Firdaus.

Persib Bandung harus membayar denda tersebut selambat-lambatnya 14 hari setelah diterimanya keputusan. 

Komisi Disiplin juga menyatakan akan menjatuhkan sanksi lebih berat kepada Persib jika di masa mendatang kejadian seperti ini terulang kembali.

Komisi Disiplin tetap membuka jalur banding sebagaimana tercantum pada Pasal 119 Kode Disiplin PSSI.

Paling Banyak Kenda Sanksi
Musim lalu Persib Bandung tampil sebagai klub yang paling banyak mendapatkan sanksi di kompetisi Liga 1 2017. Jumlahnya disebut mencapai lebih dari Rp1 Miliar.

Anggota Komisi Disiplin (Komdis) PSSI Dwi Irianto mengatakan, jumlahnya bisa lebih banyak jika Komdis tidak memundurkan jumlah sanksi ke nominal maksimal Rp100 juta.

Ia menjelaskan, seharusnya jika klub terkena sanksi melakukan pelanggaran yang sama secara berulang, jumlah sanksi yang diberikan akan ditambah setengah dari sanksi yang telah dijatuhkan sebelumnya untuk pelanggaran yang sama.

"Misalnya, pelanggarannya ada flare dan pelemparan botol juga yang kami pakai sanksi tertinggi, yakni flare Rp15 juta. Kalau melakukan lagi ditambah sanksinya Rp7,5 juta jadi Rp22,5 juta sesuai pasal 65-66 juncto 144," jelas Dwi.

"Persib luar biasa (dendanya), kalau tidak kami mundurkan ke nol lagi dan dikembalikan ke Rp100 juta, sanksi yang terberat. Bisa lebih dari Rp1 miliar jumlah sanksinya," kata Dwi dilansir CNN Indonesia.

Dwi menjelaskan, semua sanksi lebih banyak karena ulah suporter Persib baik di laga kandang maupun di tandang. 

"Di kandang saja perkiraan saya bisa lebih dari Rp1 miliar, di luar kandang ratusan juta,” katanya.

Agar kejadian tidak terulang, sebaiknya Panpel Pertandingan mengerahkan polisi ke tribun penonton. Pengamanan tidak hanya dilakukan di lapangan dan luar stadion, namun juga di tribun penonton. Bisa jadi flare dan smoke bomb buka dinyalakan Bobotoh melainkan kriminal yang berkedok bobotoh untuk merusak nama baik Bobotoh dan Persib Bandung.*

» Hatur Nuhun sudah baca Persib Didenda Rp100 Juta Akibat Flare dan Bomb Smoke Bobotoh di GBLA

Previous
« Prev Post

0 Response to "Persib Didenda Rp100 Juta Akibat Flare dan Bomb Smoke Bobotoh di GBLA"