Mayoritas Pengemis Bukan Warga Kota Bandung

Bandung Aktual   May 26, 2018   Follow @bandungaktual
Mayoritas Pengemis Bukan Warga Kota Bandung
Masyarakat diimbau tidak memberi uang kepada pengemis di kota Bandung.

MAYORITAS pengemis yang berkeliaran di Kota Bandung merupakan warga luar Bandung. Data menunjukkan, jumlah Penyandang Masalah Kesejahtraan Sosial (PMKS) ini mencapai 172 orang.

Menurut Kepala Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan (Dinsosnangkis) Kota Bandung, Tono Rusdiantono, biasanya para pengemis berdatangan sebelum lebaran di Kota Bandung.

“Berdasarkan data yang terdaftar jumlah pengemis mencapai 172 orang,” kata Tono.

Para pengemis musiman ini biasanya datang menjelang Idul Fitri, antara H-10 dan H-5.

"Para pengemis ini, bukan warga Bandung. Melainkan warga dari daerah lain, seperti Kabupaten Bandung, Bandung Barat, dan Sumedang” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi kedatangan para pengemis, Tono mengatakan pihaknya sudah menyiapkan sejumlah strategi, salah satunya menyiapkan 10 titik pantau di sejumlah ruas jalan.

“Dari setiap titik pantau akan ditempati sejumlah aparat yang sudah disiapkan, untuk menghalau para pengemis. Aparat tidak segan mengangkut mereka yang membandel dan membawanya ke rumah singgah untuk diberi pembinaan dan pelatihan,” jelasnya.

Tono juga menegaskan, warga kota Bandung atau wisatawan tidak memberi uang kepada pengemis.

“Saya minta kepada seluruh wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandun. Jangan sekali-kali memberikan uang kepada pengemis. Kalau pun mau memberi lebih baik langsung ke lembaga resmi,” pintanya dikutip laman Jabar Express.*

» Hatur Nuhun sudah baca Mayoritas Pengemis Bukan Warga Kota Bandung

Previous
« Prev Post

0 Response to "Mayoritas Pengemis Bukan Warga Kota Bandung"