Survei Instrat: Elektabilitas Deddy-Dedi Tertinggi di Pilgub Jabar 2018

Posted by Bandung Aktual on May 10, 2018 | Follow @bandungaktual
Survei Instrat: Elektabilitas Deddy-Dedi Tertinggi di Pilgub Jabar 2018
Survei Instrat: Elektabilitas Deddy-Dedi Tertinggi di Pilgub Jabar 2018

PASANGAN Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi memiliki tingkat keterpilihan (elektabilitas) tertinggi dibandingkan tiga pasangan lain dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2018.

Demikian hasil survei terbaru Lembaga Survei Indonesia Strategic Institute (Instrat) tentang Pilgub Jabar 2018 yang dirilis Kamis (10/5/2018).

Hasil survei menunjukkan, pasangan calon gubernur-wakil gubernur (cagub-cawagub) Jawa Barat Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi mengungguli tiga pasangan cagub-cawagub Jabar lainnya. 

Bahkan, elektabilitas pasangan nomor urut 4 itu melesat jauh meninggalkan pesaingnya, setelah berkampanye selama tiga bulan.

Menurut Dewan Pakar Instrat, Sidrotun Naim, pasangan Deddy-Dedi tak hanya unggul atas pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum, Sudrajat-Syaikhu, dan Tubagus Hasanudin-Anton Charliyan dalam hal elektabilitas, tapi juga dalam hal popularitas. 

"Jika sebelumnya elektabilitas Deddy-Dedi bersaing ketat dengan Rindu, berdasarkan survei terbaru, elektabilitas Deddy-Dedi kini unggul jauh," kata Sidrotun.

Sidrotun memaparkan, elektabilitas pasangan Deddy-Dedi saat ini mencapai 40,5 persen, meninggalkan jauh rival terberatnya pasangan Ridwan-Uu yang memiliki elektabilitasnya 29 persen. 

Posisi ketiga ditempati pasangan Sudrajat-Syaikhu dengan potensi elektabilitas 7,7 persen dan pasangan Hasanudin-Charliyan dengan 4,7 persen. 

"Saat Deddy-Dedi bersaing ketat dengan Ridwan-Uu, jumlah pemilih yang belum menentukan pilihannya (swing votters) mencapai 45 persen, tapi sekarang tinggal 17,8 persen. Mereka banyak yang menjatuhkan pilihannya kepada Deddy-Dedi," ungkapnya. 

Dalam hal popularitas, Deddy Mizwar masih menempati posisi teratas dengan tingkat popularitas mencapai 90,1 persen dan dibayangi Ridwan Kamil dengan 80,7 persen. 

Nama lainnya, Dedi Mulyadi, meraih popularitas 69,1 persen, Uu Rhuzanul Ulum 40,7 persen, Ahmad Syaikhu 36 persen, Anton Charliyan 34,9 persen, Tubagus Hasanudin 34,3 persen, dan Sudrajat 31,3 persen. 

Menurut Sidrotun, hasil yang didapat pasangan Deddy-Dedi merupakan buah dari sosok Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi sendiri. 

Sosok Deddy Mizwar sudah tak asing lagi bagi warga Jabar sehingga peluang keterpilihannya pun tinggi. 

"Selain sosok pasangan calon, mesin partai pengusung, yakni Golkar dan Demokrat juga terbukti membuahkan tren positif," sebutnya. 

Menanggapi hasil survei tersebut, Dedi Mulyadi menyatakan tidak hanya ingin menang dalam survei. Menurutnya, yang terpenting adalah bisa unggul dalam pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018.

"Kami ini bukan ingin menang di survei, tetapi kami ingin menang pada pemilihan nanti," katanya melalui siaran pers, Kamis, 10 Mei 2018, saat menanggapi hasil survei Litbang Kompas yang menempatkan pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi, sebagai pemenang pilgub Jawa Barat 2018. 

Sesuai dengan survei itu, pasangan Deddy-Dedi mengalami tren kenaikan elektabilitas di simpul utama daerah di Jawa Barat.

Dedi menyatakan hasil survei tidak terlalu penting sebagai cerminan utuh. Sebab, hasil perhitungan suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat merupakan penentu kemenangan yang hakiki.

Dalam survei Litbang Kompas, pasangan Deddy-Dedi meraih hasil 42,8 persen, disusul pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum di posisi kedua dengan raihan 39,9 persen.

Pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu menyusul dengan angka 7,8 persen serta pasangan TB Hasanudin-Anton Charliyan di peringkat terakhir dengan raihan 3,1 persen. Sebanyak 6,4 persen responden masih belum menentukan pilihan dalam survei tersebut.

Selain survei tersebut, hasil survei Lingkar Survei Indonesia, yang digawangi Denny JA, juga menunjukkan keunggulan pasangan Deddy-Dedi. Pasangan ini unggul dengan persentase 43,2 persen, diikuti pasangan Ridwan-Uu dengan raihan 39,27 persen, Sudrajat-Syaikhu 8,2 persen, dan TB Hasanudin-Anton dengan 4,1 persen. (kompas.com/tempo.co).*

» Hatur Nuhun sudah baca Survei Instrat: Elektabilitas Deddy-Dedi Tertinggi di Pilgub Jabar 2018

Previous
« Prev Post

0 Response to "Survei Instrat: Elektabilitas Deddy-Dedi Tertinggi di Pilgub Jabar 2018"