December 13, 2013

PLTSa Kemungkinan Pindah ke Ujungberung

Bandung Aktual | December 13, 2013

PLTSa
BandungAktual.com -- Lokasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) yang semula direncanakan di Gedebage kemungkinan akan pindah ke kawasan Ujungberung. Hal itu dikemukakan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil kepada wartawan di Balai Kota, Rabu (11/12). Namun, wali kota yang akrab dispa Emil ini menegaskan, dirinya belum memikirkan membangun PLTSa.

"Membangun PLTSa belum mendesak, apalagi masih banyak yang menentang," tegasnya. "Jadi lebih baik ditunda. Bahkan ada rencana pindah ke Ujungberung. Ada bekas pabrik milik Pemkot," ujar Emil seperti dikutip tribunnews.com.

Emil meminta warga tak perlu khawatir tentang sampah, Selain mengupayakan mengurangi sampah dari rumah tangga, kata Emil, TPA Sari Mukti masih bisa menampung. Bahkan jika TPA Sarimukti ditutup, kata dia, ada Legok Nangka milik Provinsi.

Menurut Emil, dengan PLTSa, biaya operasional lebih besar sehingga menyedot uang rakyat hanya untuk sampah. Padahal dengan cara mengurangi sampah dari rumah, biaya bisa dihemat. "PLTSa harus membayar ke perusahaan swasta sebesar Rp 90 miliar selama 20 tahun sehingga uang rakyat tersedot Rp 1,8 triliuan," ujar Emil. (tribunnews/bandungaktual).*

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon