Pemkot Bandung Bangun TPS Sementara di Lahan PLTSa Samping Stadion GBLA

Pemkot Bandung Bangun TPS Sementara di Samping Stadion GBLA

Guna mengatasi “Bandung Lautan Sampah” akibat kebakaran di TPA Sarimuki, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memanfaatkan lahan seluas 25 hektare di samping Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, sebagai Tempat Pembuangan Sampah (TPS) sementara.

Lokasi yang digunakan merupakan lahan yang sebelumnya sempat direncanakan menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa). Lahan tersebut berada di Jalan Pendamping Tol (Arah Babakan Sayang), Kelurahan Rancanumpang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung.

Menurut Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna, pembangunan TPS Sementara di dekat Stadion GBLA itu dilakukan karena Pemkot Bandung kesulitan untuk mencari lokasi pembuangan sampah.

Dikatakannya, akibat TPA Sarimukti dilanda kebakaran, Pemkot Bandung harus segera mencari solusi untuk menghilangkan tumpukan sampah yang terjadi di sejumlah tempat.

“Darurat sampah masih berlaku, dan kita bicara ideal TPA Sarimuki itu tidak seperti apa yang kita bayangkan. Hingga kemarin (Selasa 5 September 2023) asap masih pekat (di TPA Sarimukti). Pembakaran itu masih ada, karena kedalaman sampah 50 meter,” ujar Ema Sumarna.

Baca Juga

“Dampaknya, ritasi bukan bertambah, tetapi kita semakin dibatasi. Biasanya 241 ritasi, sekarang hanya 89 ritasi. Kalau itu terjadi setiap hari artinya tetap sampah 600-700 ton yang tertahan, itu kalau sehari,” tambahnya.

“Lahan yang digunakan ini 2 hektar. Rencana 1 sampai 2 hari pengerjaan lahan ini akan selesai, jadi setelah itu sampah bisa dibuang ke sini,” ujarnya.

Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan dan Limbah B3 DLH Kota Bandung, Salman Faruq, mengatakan, sekeliling kawasan yang akan dijadikan TPS Sementara di samping Stadion GBLA itu akan dipasang pagar menggunakan bahan seng.

“Di sini tidak ada pohon yang ditebang, sekeliling ini akan ditutup. Kita mau mengukur luas yang akan di gunakan ini. Luasnya sekitar 2 hektar,” ungkapnya.

Rencananya, kegiatan pembuangan sampah akan dilakukan akhir pekan ini, setelah pemasangan pagar rampung.

“Kita operasikan setelah siap, 1 atau hari siap. Hari berikutnya Sabtu mulai bisa dibuang ke sini. Ini luasnya 2 hektar, kerena bukan untuk pembuangan sampah saja, tapi kebutuhan manuver kendaraan,” jelas Salman. (Antara)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *