Pilgub Jabar 2024: Ridwan Kamil Maju Lagi, Cawagub Tergantung Koalisi

Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan siap maju kembali di Pilgub Jabar untuk periode kedua. Soal Cawagub, RK menyatakan tergantung koalisi.

Menurutnya, kriteria pendamping sebagai Cawagub Jabar untuk berlaga di Pilgub periode kedua ditentukan oleh koalisi partai politik yang mengusung.

“Kalau tadi nanya kriteria wakil (gubernur) gimana koalisi mbak, karena perjodohan politik tidak selalu sesuai dengan yang diharapkan oleh pasangannya,” kata Ridwan Kamil dikutip dari ANTARA, Kamis (16/3/2023).

Ditambahkannya, penentuan pasangan kepala daerah yang berlaga di sebuah kontestasi politik seperti Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat umumnya hasil dijodohkan oleh koalisi partai politik.

“Rata-rata dikawinkan oleh keluarga, bernama koalisi,” terangnya.

Baca Juga

Apakah dirinya akan berpasangan kembali dengan Uu Ruzhanul Ulun, Ridwan Kamil menyatakan belum bisa berpendapat lebih jauh.

“Apakah dengan Pak Uu lagi, ya kalau koalisinya nyambung, kemungkinan itu ada. kalau tidak ada ya, Saya juga tidak tahu,” tuturnya.

Sebelumnya, Ridwan Kamil menegaskan dirinya memilih peluang yang pasti-pasti saja yakni kembali maju di pemilihan gubernur Jawa Barat periode kedua pada 2024 nanti.

Menurut Kang Emil, dari sejumlah hasil survei, dirinya percaya diri untuk kembali maju sebagai calon orang nomor satu di Jabar.

“Gini saya ulangi lagi ya, takdir ke mana saya tidak tahu, yang pasti pasti lebih baik dirawat, yang pasti-pasti itu adalah hak saya menjadi Gubernur Jawa Barat periode kedua. Hasil survei kan bagus, kepuasan publik itu 81 persen dari survei terakhir, jadi menurut saya rasional,” ungkapnya.

Ridwan Kamil mengatakan sebagai kader Partai Golkar, dirinya menghargai keputusan partai berlambang pohon beringin ini yang mengusung Ketua Umum Airlangga Hartarto untuk maju di Pilpres 2024.

Sementara ini ia fokus di Pilgub Jawa Barat 2024 dahulu, termasuk dirinya menyerahkan peluang mencalonkan diri di DKI Jakarta kepada partainya.

“Jadi kalau urusan Pilpres adalah mendukung Pak Ketum Partai Golkar Airlangga, sebagai capres. Saya fokus pada yang pasti, di depan mata yaitu Gubernur Jawa Barat. Kalaupun saya berkeinginan di periode kedua kan begitu. Kalau di DKI surveinya bagus, tapi keputusan dari partai,” jelasnya.

Selain Ridwan Kamil, sejauh ini sejumlah nama sudah menyatakan kesiapannya bertarung di Pilgub Jabar 2024.

Nama-nama lain yang menyatakan kesiapannya maju di Pilgub Jabar 2024 antara lain Dada Rosada, Uu Ruzhanul Ulum, Mochamad Iriawan, dan Desy Ratnasari. Ada juga nama-nama yang dinilai potensial menjadi Gubernur Jabar, termasuk istri mantan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Netty Prasetyani Heryawan. (BA)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *