December 28, 2017

Oded M Danial Kembali Terpopuler di Hasil Survei Pilwalkot Bandung 2018

Bandung Aktual | December 28, 2017

Nama Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial kembali menempati posisi teratas hasil survei Calon Wali Kota pada Pilwalkot Bandung 2018.

Dalam survei terbaru yang dilakukan sekelompok mahasiswa Jurusan Statistika Universitas Padjajaran (Unpad), Oded M Danial, berada di posisi paling atas, diikuti Atalia Kamil, Nurul Arifin, Ayi Vivananda, dan Yossi Irianto di posisi lima besar.

Di survei-survei sebelumnya, nama Oded juga selalu menempati posisi teratas sebagai cawalkot Bandung terpopuler.

Mahasisiswa Statistika Unpad melakukan survei dengan 1.066 sample data dari 30 kecamatan di Kota Bandung untuk mengetahui tingkat popularitas 25 nama bakal calon yang sudah tersebar.

Dari hasil survei tersebut, ada lima nama yang memiliki elektabilitas paling tinggi, yakni Oded M Danial, Atalia Kamil, Nurul Arifin, Ayi Vivananda, dan Yossi Irianto.

"Ada 25 nama yang kami survei popularitasnya, lalu lima teratas kami uji elektabilitas dan menghasilkan Oded memiliki elektabilitas paling tinggi," ujar Peneliti Statistika Unpad, Toni Toharudin, Rabu (27/12/2017).

Survei yang dilakukan oleh 73 mahasiswa jurusan statistika semester lima ini dimulai sejak 15 November hingga 1 Desember 2017

"Karena ini mahasiswa, berbeda dengan lembaga survei yang lebih pada aspek bisnis. Kami di sini mencoba dalam aspek yang lebih objektif di luar kepentingan calon atau partai," ujar Toni dikutip detik.com.

Yang menarik, nama Atalia Kamil berada di posisi dua, padahal istri Ridwan Kamil ini dipastikan tidak akan ikut dalam Pilwalkot Bandung yang akan dilaksanakan 27 Juni 2018.

Atalia bahkan mengalahkan popularitas dan elektabilitas Yossi Irianto, Ayi Vivananda, dan Nurul Arifin.

Pilwalkot Bandung 2018 diprediksi diikuti tiga pasangan calon, yakni Oded M Danial (PKS-Gerindra), Nurul Arifin-Chairul Yaqin Hidayat (Golkar-Demokrat), dan Yossi Irianto (Nasdem-Hanura).

Daftar 5 Besar Cawalkot Bandung Terpopuler Hasil Survei Statistika Unpad
  1. Oded M Danial 34 persen
  2. Atalia Kamil 26 persen
  3. Nurul Arifin 20 persen
  4. Ayi Vivananda 15 persen
  5. Yossi Irianto 5 persen

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon