Panpel Persib Tarik ID Card Wartawan Viva.co.id Akibat BeritaTendensius

Panpel Persib Tarik ID Card Wartawan Viva.co.id Akibat BeritaTendensius
Panpel Persib Bandung menarik ID Card wartawan Viva.co.id akibat membuat berita hoax tentang Bobotoh di Stadion GBLA usai laga Persib vs PSMS Minggu (21/1/2018).

Viva mengabarkan ada pelemparan botol dari Bobotoh kepada pemain PSMS, padahal pihak PSMS sendiri membantah ada pelemparan.

"Menyikapi unggahan akun @vivabola di Instagram & dampak berkembang di lapangan, Panpel Persib memutuskan menarik ID Card peliputan jurnalis http://viva.co.id di Piala Presiden 2018 Grup A," demikian dirilis akun Twitter resmi dan Instagram Persib.

"Beberapa hari lalu usai laga Piala Presiden Grup A antara Persib Bandung melawan PSMS Medan, muncul sebuah polemik antara bobotoh dan sebuah media olahraga. Kabar soal aksi pelemparan botol yang awalnya ditudingkan pada Bobotoh berawal dari postingan sebuah akun media sosial @VivaBola yang mengungkapkan lewat postingan foto mereka, bahwa para pemain PSMS dilempari botol usai menang atas Persib Bandung".

Sebelumnya, Instagram VivaBola mengabarkan adanya pelemparan.

Waduh, botol berterbangan usai PSMS menang atas Persib. Semoga mental suporter Indonesia bisa lebih dewasa deh ke depannya, bosen lempar lempar kayak gini terus.. #persib #psms #pialapresiden . . . . . . . . . 📷 ANTARA FOTO . Caption ANTARA : Petugas kepolisian melindungi pesepakbola PSMS Medan Sadney Khoetage (tengah) dari lemparan botol seusai laga lanjutan Grup A Piala Presiden 2018 antara Persib Bandung melawan PSMS Medan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat, Minggu (21/1). PSMS Medan berhasil mengalahkan Persib Bandung dengan skor akhir 2-0.
Usai postingan tersebut mencuat, berbagai reaksi diberikan oleh bobotoh dan salah satunya adalah mengklarifikasi bahwa tidak ada tindakan pelemparan di dalam stadion. 

Mewakili Bobotoh, Viking Persib Club kecam Provokasi Portal @vivabola @vivacoidJika dirunut dari postingan terkait post-match Persib VS PSMS Medan, dengan background para pemain PSMS memasuki tunnel Stadion GBLA sangat jelas merupakan justifikasi dari Viva Bola kepada Bobotoh, mengingat Stadion GBLA bukanlah homebase dari Barcelona, dan pertandingan minggu kemarin, bukan duel antara Barcelona dan Real Madrid. . . 'Waduh, botol berterbangan' pada kenyataannya, tidak ada sama sekali intimidasi dari Bobotoh kepada tim PSMS Medan ketika memasuki tunnel Stadion GBLA, jika ada, silahkan posting dan mention kita @vivabola @vivacoid kami tunggu. Kami berharap agar Viva Bola lebih bijak untuk memberitakan sisi lain dari pertandingan Persib VS PSMS Medan. Duel klasik, tensi panas dan kekalahan tuan rumah bukan berarti atau dikaitkan dengan post-match chaos. Mengutip dari tujuan mulia Viva Bola yang ingin membangun atmosfir sepakbola yang aman dan nyaman, untuk semua suporter Indonesia, maka mulailah membangun atmosfir 'Nyaman' dari kalian sendiri. NEWS WITH(OUT) ATTITUDE Salam, Viking Persib Club. #Persib #Bobotoh#VikingPersibClub
Respons Viva
Pihak Viva memberikan klarifikasi sekaligus minta maaf.

KLARIFIKASI . Berikut klarifikasi VIVAbola terkait unggahan di IG pada hari Senin, 22 Januari 2018, usai laga Persib Bandung melawan PSMS Medan. . 1. Kami tegaskan kalau berita soal pelemparan usai laga tersebut bukanlah hoax tapi memang telah terjadi pelemparan oleh oknum suporter. . 2. Hal tersebut sudah kami konfirmasi kepada reporter VIVA di Bandung, dan dibenarkan telah terjadi pelemparan. Kami melaporkan apa yang terjadi tanpa ada keberpihakan. . 3. Namun, pelemparan tersebut bersifat sporadis (asal-asalan) tidak fokus mengarah ke pemain PSMS. Setelah dapat kabar tersebut, kami langsung melakukan koreksi. Kesalahan murni di kami. . 4. Kami meminta maaf atas terjadinya kesalahan tersebut. Tidak ada maksud untuk menyudutkan satu pihak dan tidak untuk niat untuk mengadu domba suporter Persib Bandung dan PSMS Medan. . 5. Kami tegaskan sekali lagi tidak pernah ada justifikasi terhadap kelompok atau organisasi suporter manapun dalam tulisan kami (baik suporter Persib, Bobotoh, Viking, Bomber, atau yang lain). . 6. Soal caption perbaikan mental, murni ditujukan untuk suporter dalam lingkup nasional (bukan mengarah ke satu kelompok suporter saja). . Sikap VIVAbola selalu jelas untuk masalah suporter, kami tidak setuju dengan aksi keributan atau pelemparan di dalam stadion, tak peduli siapa pun klubnya. Bisa dilihat dari postingan kami sebelumnya. . Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca klarifikasi ini. Semoga kejadian ini bisa membuat kami dan semua pihak lebih dewasa dalam menghadapi suatu kejadian. . Hanya satu tujuan kami, membangun atmosfer sepakbola yang aman dan nyaman dari dan untuk semua suporter Indonesia. . . Wasalam, . VIVAbola .

Meski sudah minta maaf, Panpel Persib Bandung bertindak tegas dengan mengambil keputusan untuk menarik tanda pengenal (ID Card) peliputan milik wartawan Viva.co.id di Piala Presiden 2018 Grup A. 

Viva.co.id melalui wartawannya bernama Yudhi Maulana dan Setia Permana sebelumnya berkali-kali menulis berita miring tentang Persib Bandung. 

BacaPancing Emosi Bobotoh, Berita Viva.co.id tentang Persib Bernada Menyudutkan

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 Response to "Panpel Persib Tarik ID Card Wartawan Viva.co.id Akibat BeritaTendensius"

Post a Comment