March 20, 2018

Kawasan Cicaheum Diterjang Banjir Bandang

Bandung Aktual | March 20, 2018

Kawasan Cicaheum Diterjang Banjir Bandang
Kawasan Cicaheum Diterjang Banjir Bandang. Air Surut Berganti Lumpur. Jalan Tidak Bisa Dilalui.

Kawasan Cicaheum Kota Bandung diterjang banjir bandang akibat hujan deras Selasa (20/3) sore.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Arief Prasetya, banjir tersebut berasal dari air sungai yang meluap.

Luapan air mengakibatkan genanangan air yang cukup tinggi hingga menyebabkan kendaraan tidak bisa melintas.

"Banjir ternyata terjadi dari luapan sungai Cileuweung dan sungai Cipamongkolan," kata Arief kepada Republika Online.

Menurutnya, aliran air turun ke jalan mulai terjadi saat hujan turun dengan derasnya sekitar pukul 16.00 WIB. Genangan air mencapai lutut orang dewasa atau sekitar 40 centimeter.

Terkait jebolnya tanggul Sungai Cipamokolam, ia mengaku belum mendapat laporan. Timnya akan segera mengecek saat air sudah mulai surut. "Belum tahu jebol atau tidak karena airnya masih deras di sungai tersebut," ujarnya.

Selain di kawasan Cicaheum, banjir juga terjadi di beberapa titik di wilayah Bandung Timur. Di antaranya Jalan Cikadut, Jalan Purwakarta Antapani, Jalan Polo Air Arcamanik, Jalan Terusan Jakarta, Jalan Rumah Sakit, serta Jalan Terusan Rumah Sakit Gedebage.

Kapolrestabes Bandung, Kombes Hendro Pandowo, mengungkapkan, ada dua sungai yang berada di kawasan Padasuka, Mandalajati juga meluap.

"Sungai Cicabe dan Cileuweung yang berada di kawasan Padasuka, Mandalajati," ucap Hendro kepada detik.com.

Hendro menuturkan, air dari dua sungai tersebut meluap saat hujan deras terjadi. Sekitar pukul 16.30 WIB, air tiba-tiba keluar dari kedua sungai tersebut. "Air meluap membawa lumpur hingga ke jalan," katanya.

Akibatnya, saat ini kawasan Jalan AH Nasution lumpuh total. Lumpur masih menutupi jalan utama yang menghubungkan kawasan Cikutra - Cicaheum itu. "Masih menutupi jalan, belum bisa dilalui," katanya.

Personel Polrestabes Bandung bersama Polsek Antapani masih berada di lokasi. Selain mengatur lalu lintas, para personek juga membantu membersihkan lumpur.*




Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon