April 30, 2018

May Day di Kota Bandung Dipusatkan di 4 Titik, Ribuan Polisi Siap Amankan Aksi Buruh

Bandung Aktual | April 30, 2018

May Day di Kota Bandung Dipusatkan di 4 Titik, Ribuan Polisi Siap Amankan Aksi
PERINGATAN Hari Buruh atau May Day 1 Mei 2018 di kota Bandung dipusatkan di empat titik, yakni kawasan Gedung Sate Jalan Diponegoro, Balai Kota Bandung, Gedung DPRD Kota Bandung. dan kantor Disnaker Kota Bandung.

Ribuan personel polisi siap dikerahkan untuk mengawal aksi demonstrasi yang akan melibatkan ribuan buruh.

"Kita siapkan 1.500 personel untuk May Day di Kota Bandung," ujar Kapolrestabes Bandung Kombes Hendro Pandowo dikutip detik.com Senin (30/4/2018).

"Akan ada unjuk rasa saat May Day. Ada di empat titik, Gedung Sate, Balai Kota Bandung, Gedung DPRD Kota Bandung dan kantor Disnaker Kota Bandung," jelas Hendro.

Gedung Sate merupakan titik utama pelaksanaan May Day. Selain buruh Bandung, sejumlah buruh dari luar kota akan datang ke Gedung Sate. Polisi sudah menyiapkan pola pengamanan untuk di titik utama kegiatan May Day.

"Di Gedung Sate, personel akan dibagi ke dalam empat ring. Di dalam, di pintu, di luar dan di jalur," tuturnya.

"Pesan saya buruh untuk tidak terprovokasi untuk melakukan tindakan di luar hukum," ucap Hendro.

"Kegiatannya ada unjuk rasa untuk menuntut kesejahteraan," imbuhnya.

Hendro berpesan agar pelaksanaan May Day di Kota Bandung berjalan tertib hingga batas waktu yang ditentukan pukul 18.00 WIB. Dia meminta agar para buruh senantiasa menjaga ketertiban. Selain itu, Hendro mengimbau masyarakat tetap beraktivitas seperti biasanya.

"May Day bukan suatu yang menakutkan. Tapi ini gebrakan buruh setiap tahunnya menyampaikan aspirasi supaya kesejahteraannya meningkat," tutur Hendro.

Sebelumnya, Pemkot Bandung menyatakan siap menyambut May Day dan mengajak seluruh pemangku kebijakan berpartisipasi menyukseskan peringatan tersebut.

“Mari kita sama sama-sama berpartisipasi dalam peringatan Hari Buruh. Berikan yang terbaik dan sukseskan perayaan ini untuk buruh di Kota Bandung,” ujar Pejabat Sementara Wali Kota Bandung, Muhammad Solihin.

Ia mengatakan, peringatan Hari Buruh Sedunia di Bandung harus berjalan dengan penuh kegembiraan dengan kegiatan bermanfaat serta jauh dari hal-hal yang berbau kerusuhan.

Untuk menampung segala aspirasi, mereka berpartisipasi dengan memberikan ruang agar para buruh berekspresi pada acara peringatakn tersebut.*

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon