Persib Istirahatkan Asisten Pelatih Herrie Setyawan, Dirut PT PBB Beberkan Alasannya

Bandung Aktual   April 28, 2018   Follow @bandungaktual
Persib Istirahatkan Asisten Pelatih Herrie Setyawan
Persib Bandung mengistirahatkan Asisten Pelatih Herrie Setyawan.

Menurut manajer Persib, Umuh Mucthar, keputusan mengistirahatkan Herrie merupakan wewenang manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB).

Umuh tidak bisa mengatakan alasan manajemen mengistirahatkan Herrie. Pasalnya, ia hanya mendapatkan informasi masalah tersebut dari Direktur PT PBB Teddy Tjahyono.

"Jadi kemarin Pak Teddy menelepon saya bahwa Herrie mau diistirahatkan," kata Umuh dikutip BolaSport.com, Sabtu (28/4/2018).

Menurut Umuh, alasan diistirahatkannya asisten yang turut mengantarkan Persib meraih gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2014 itu sepenuhnya di tangan Direktur PT PBB.

"Alasannya, lebih tepat ada di Pak Teddy. Saya sempat menanyakan permasalahannya, mungkin ada sepele dan tidaknya," ucapnya.

Umuh mengakui, keputusan mendadak manajemen klub tersebut sedikit banyak akan memberikan pengaruh terhadap tim. Kendati demikian, Umuh berharap Persib tetap solid menjalani musim ini.

"Mungkin agak sedikit mengganggu, tapi mudah-mudahan tidak. Ke depannya saya berharap tidak ada hal seperti ini lagi," ucap Umuh.

Sebelum menjadi asisten pelatih Mario Gomez musim ini, Herrie Setyawan sempat menjadi asisen Djadjang Nurdjaman dan berhasil membawa Persib meraih gelar juara ISL 2014 dan Piala Presiden 2015.

Pria yang akrab disapa Jose itu juga sempat menjadi caretaker pelatih Persib pada ISC 2016 ketika manajemen melepas pelatih Djadjang Nurdjaman menjelang putaran kedua.

Istilah "mengistirahatkan" umum dipakai oleh klub-klub Liga Malaysia bila hendak memecat pelatihnya.

Pelatih Barito Putera saat ini, Jacksen Tiago, termasuk salah satu yang pernah mengalami nasib tersebut ketika menukangi Penang FA.

Terakhir, pelatih Evan Dimas dan Ilham Udin di Selangor FA, Maniam Pachaiappan, juga diistirahatkan hingga kemudian digantikan oleh asistennya, Muhammad Nazliazmi.

Herrie Setyawan sudah mengantongi lisensi kepelatihan A AFC setelah mengikuti kursus kepelatihan yang digelar sejak Agustus 2017.

Setelah mengantongi lisensi A AFC, Jose sudah bisa menjadi pelatih tim yang berlaga di Liga 1. Herrie tak menampik memiliki keinginan untuk menjadi pelatih kepala, namun rencana tersebut baru akan dijalaninya setelah mendampingi tim Maung Bandung di kompetisi Liga 1 2018.

"Ke depannya ingin pegang tim, tapi persiapan dulu untuk mengambil diploma A pro AFC. Planning sekarang asisten tahun ini, musim depan pelatih kepala. Enggak tau di mana yang pasti harus menangani tim baru ambil diploma,” jelasnya.

Alasan: Fokus Kerja PNS

Direktur PT PBB Teddy Tjahyono menjelaskan, Jose mengakhiri kerjasama di Persib bukan karena pemecatan.

Ditegaskannya, Jose menanggalkan posisinya sebagai asisten karena ikatan kerja dinas bersama negara atau PNS Dispenda.

"Ya memamg Herrie sudah enggak sama tim, alasannya sih bukan karena diistirahatkan atau dipecat, bukan. Herrie itu kan pegawai Dispenda, bebebrapa waktu yang lalu dia diharuskan untuk memilih (fokus) di Dispenda atau jadi pelatih, dia harus memilih,” terang Teddy dikutip simamaung.com, Sabtu (28/4/2018).

Herrie diminta agar tetap fokus menjalani pekerjaannya sebagai PNS. Herrie sendiri berstatus kontrak dengan manajemen Persib Bandung yang tak mengikat dalam jangka waktu panjang.

"Diminta oleh Dispenda, bukan sama manajemen, makanya dia milih konsentrasi jadi PNS, karena memang di PNS kariernya lebih panjang, kalau di Persib kan kontrak, nanti memungkinkan pergantian pelatih atau apa kita enggak pernah tahu. Jadi dia mundur dan konsentrasi karena kerjaannya,” terang Teddy.

Dijelaskan, Herrie Setyawan memutuskan untuk mengakhiri masa baktinya di Persib sejak Kamis (26/4/2018). Karenanya, ia sudah tak mendampingi tim pada Jumat (25/4) dan Sabtu (26/4) ini dalam latihan. “Sejak beberapa hari yang lalu, Kamis yah,” sebutnya.*

» Hatur Nuhun sudah baca Persib Istirahatkan Asisten Pelatih Herrie Setyawan, Dirut PT PBB Beberkan Alasannya

Previous
« Prev Post

0 Response to "Persib Istirahatkan Asisten Pelatih Herrie Setyawan, Dirut PT PBB Beberkan Alasannya"