Polisi Bandung Larang Petasan dan Balap Liar Selama Ramadhan

Polisi Bandung Larang Petasan dan Balap Liar Selama Ramadhan
"Ada beberapa hal-hal yang harus diantisipasi menjelang Ramadan, pertama tidak boleh ada petasan. Kedua kebut-kebutan dan yang ketiga minuman keras"  (Polrestabes Bandung)

BandungAktual.com -- Polrestabes Bandung melarang petasan, balap liar, dan minuman keras (miras) khususnya selama bulan Ramadan.

Menurut Kapolrestabes Bandung, Hendro Pandowo, selain ketiga larangan tersebut, tempat hiburan juga harus tutup sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

Pengusaha tempat hiburan diminta memahami aturan yang telah disampaikan oleh pemerintah kota Bandung.

"Kita (polisi) dan Dinas Pariwisata menyosialisasikan kepada pemilik tempat hiburan maupun kepada masyarakat muslim yang akan melaksanakan ibadah puasa. Aturan-aturan bulan Ramadan, hiburan-hiburan tutup dan buka sampai jam berapa, itu sudah disampaikan," kata Hendro.

Hendro juga mengimbau agar tidak ada balap liar serta soal peredaran minuman keras.

"Ada beberapa hal-hal yang harus diantisipasi menjelang Ramadan, pertama tidak boleh ada petasan. Kedua kebut-kebutan dan yang ketiga minuman keras," tegasnya.

Polrestabes Bandung menyampaikan larangan tersebut bersama Dinas Parisiwata dan Budaya Kota Bandung dalam sosialisasikan penutupan tempat hiburan selama Ramadhan.

Kadisbudpar Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari menyebutkan, aturan soal penutupan tempat hiburan sudah jelas tertera pada Perda tahun 2017.

Sesuai dengan Perda 7 tahun 2012 tentang penyelenggaraan pariwisataan, khususnya di pasal 73 di ayat 6, jenis usaha tempat hiburan seperti diskotik dangdut, bar, karaoke itu dilarang beroperasi selama bulan Ramadan dan hari-hari besar lainnya.

"Penutupan akan diberlakukan terhitung pada 13 Mei sampai dengan 18 Juni 2018. Untuk Kota Bandung, berdasarkan data dari Disbudpar Kota Bandung, ada 280 lokasi hiburan," terangnya.

Kenny menyatakan, pihaknya bersama polisi akan melakukan monitoring terhadap lokasi-lokasi tempat hiburan. Jika ada yang masih buka, pihaknya akan lakukan penindakan.

"Ini kita kan ada monitoring selama satu bulan ini, bersama dengan kepolisian. Kalau ada yang ketahuan (masih buka), kita memberikan sanksi administrasi sampai yang terberat pencabutan izin usaha," katanya. (GM)

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 Response to "Polisi Bandung Larang Petasan dan Balap Liar Selama Ramadhan"

Post a Comment