Coworking Space di Kota Bandung untuk Generasi Tanpa Kantor

Coworking Space di Kota Bandung untuk Generasi Tanpa Kantor
Coworking Space - Ruang Kerja Bersama di Kota Bandung untuk Generasi Tanpa Kantor.

Generasi Milenial yang Bekerja Tanpa Kantor tentu sudah akrab dengan istilah Coworking Space (co-working space).

Coworking Space artinya adalah tempat kerja bersama, ruang kerja bersama, atau kantor bersama.

Pengertian praktisnya, Coworking Space adalah tempat khusus seperti kafe untuk bekerja dengan fasilitas komputer dan koneksi internet.

Coworking Space berasal dari kata Coworking yang didefinisikan sebagai kerja sama atau berkolaborasi. Space artinya ruang.

Coworking Space sudah muncul di kota-kota besar, seperti Bandung, untuk menjadi tempat bekerja alias "kantor" bagi generasi zaman now yang bekerja tanpa kantor, seperti Blogger, Web Content Writer, atau pekerja online lainnya.

Bandung tercatat sebagai pelopor Coworking Space di Indonesia.

Daftar Coworking Space di Kota Bandung

Berikut ini beberapa Coworking Space yang ada di Kota Bandung bagi Anda yang "bosan" bekerja di rumah terus.

Bandung Digital Valley (BDV)

Bandung Digital Valley Coworking Space
Bandung Digital Valley adalah co-working space gratis yang diluncurkan Telkom di Bandung pada Desember 2011.

Berlokasi di Menara Bandung Digital Valley, 4th Floor, Jalan Gegerkalong Hilir No. 47, Sukarasa, Sukasari, Sukarasa, Sukasari, Kota Bandung, co-working space ini memiliki fasilitas ruang rapat dan ruang inkubasi.

BDV dibangun untuk mendukung dan memfasilitasi perusahaan atau produk milik wirausahawan teknologi dan developer, serta menjembatani dengan target pasarnya. BDV biasanya diisi oleh para startup, freelancer, dan  mahasiswa.

Co-working space ini bisa menampung seratus orang. Untuk bisa menempati BDV, Anda hanya perlu mendaftarkan diri di laman resminya.

Co&Co Space
Co&Co Space
Co&Co Space adalah co-working space di daerah Dago, Jalan Dipatiukur No.5, Bandung. Lokasinya sangat strategis, dekat dengan banyak pusat toko pakaian dan kafe.

Disebutkan di laman resminya, misi Co&Co Space adalah menciptakan ruang, di mana pekerja lepas, pelancong, wirausaha, profesional, pengembara digital, pembuat konten, inovator, mahasiswa, dan komunitas kreatif dapat bekerja bersama, bertemu, berbagi pengalaman, dan menyelesaikan berbagai hal.

Fasilitasnya antara lain ruang rapat, area outdoor, area publik, area pribadi, dan dapur. Co&Co Space juga menyediakan berbagai fasilitas untuk menyelesaikan pekerjaan, seperti kebutuhan mencetak dokumen dan fotokopi.

Selain itu terdapat variasi harga yang ditawarkan bagi anggota maupun nonanggota, mulai dari per jam, harian, mingguan bahkan bulanan.

Harga sewa mulai dari Rp22.500 per hari, Rp650.000 per bulan (anggota), dan mulai dari Rp50.000 (3 jam)  untuk non-member.
Ruangréka Coworking Space Bandung


Ruangréka Coworking Space Bandung
Alamat: Jl. Raden Patah No.28, Dago, Kota Bandung. Didirikan tahun 2014, Ruangréka menyediakan fasilitas "ngantor" para entrepreneur muda untuk berkolaborasi. Nama Ruangréka sendiri artinya "ruang untuk bekerja".

Selain menyediakan co-working space, Ruangréka juga memiliki startup dan UMKM inkubasi.

Harga sewanya Rp50.000 per hari , Rp400.000 per bulan (freelancer), Rp600.000 per bulan (startup).

EduPlex Coworking Space Bandung

EduPlex Coworking Space Bandung
EduPlex Coworking Space atau Ruang Kerja Bersama EduPlex menyediakan menu internasional dan minuman. Memiliki ruangan yangg luas, cocok untuk belajar dan meeting.

Beralamat di Jl. Ir. H.Djuanda (Dago) No.84, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung, EduPlex buka 24 jam.

Didirikan 2016, EduPlex bisa menjadi pilihan bagi Anda yang terkendala masalah waktu dalam mencari referensi bekerja remote.

Selain berfungsi sebagai co-working space, Eduplex difungsikan juga sebagai kafe yang terletak di lantai bawah. Lantai dua dan tiga difungsikan sebagai co-working space.

Harga sewa ruangan mulai dari Rp60.000 untuk 3 jam sampai Rp1,2 juta per bulan.

DiLo Coworking Space Bandung
DiLo singkatan dari Digital Innovation Lounge. DILo berfungsi sebagai ruang kerja bersama yang dapat digunakan oleh digitalpreneur pemula, sebelum mereka mampu membiayai ruang kantor sendiri.

Ruang kerja bersama di Bandung ini beralamat di Gedung Balemotekar, Jalan Banda No. 40, Citarum, Bandung Wetan, Citarum, Bandung (Telepon: (022) 20521999). Harga: Gratis!

Dilo merupakan Creative Camp yang dikembangkan oleh MIKTI bekerja sama dengan Telkom. Berbagai fasilitas tersedia di sini antara lain  co-working space, ruang rapat, kelas untuk menyelenggaraka training atau workshop, serta ruang komunitas untuk berbagi gagasan.

Work@ Coworking Space Bandung
Work@ Coworking Space Bandung
Work@ menyediakan koneksi internet, loker, air mineral, lounge, perpustakaan pribadi, printer, faks, scanner dan segala kebutuhan dasar yang diperlukan untuk memudahkan pekerjaan.

Work@ juga menawarkan fasilitas mentoring dari para praktisi yang ahli di bidangnya untuk melakukan konsultasi terkait startup dan kewirausahaan. Terdapat fasilitas khusus bagi anggota seperti gathering bulanan dan bisnis klinik per dua minggu.

Harga: Mulai dari Rp40.000 per hari hingga Rp400.000 per bulan (anggota). Alamat: Jl Tubagus Ismail XV No.14A
Di sini juga tersedia fasilitas private office room dengan biaya sewa Rp3 juta per bulan, event space untuk acara seminar dan workshop seharga Rp100 ribu/jam, serta virtual office seharga Rp100 ribu/bulan.

Demikian beberapa Coworking Space di Kota Bandung untuk Generasi Tanpa Kantor. (www.bandungaktual.com).*

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 Response to "Coworking Space di Kota Bandung untuk Generasi Tanpa Kantor"

Post a Comment