Hasil Resmi Pilgub Jabar 2018 Belum Diumumkan, Asyik Masih Berpeluang Menang

Hasil Resmi Pilgub Jabar 2018 Belum Diumumkan, Asyik Masih Berpeluang Menang
Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2018 belum selesai karena masih menunggul hasil penghitungan suara resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

KPU akan mengumumkan hasil Pilgub Jabar dan Pilwalkot Bandung 6 Juli 2018.

Berdasarkan hasil hitung cepat (quick count) beberapa lembaga survei, peroleh suara pasangan  Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Ayik) mengejutkan karena menempati posisi dua di bawah pasangan Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) dengan perbedaan raihan suara yang tipis sekitar 3-4 persen.

Karena perbedaan hasil hitung cepat antara Ayik dan Rindu masih berada pada margin of error, pasangan Asyik masih berpeluang menang.

Menurut Tim Pemenangan Asyik, Anggawira, pemenang Pilgub Jabar belum bisa ditentukan sekarang dan Asyik masih berpeluang menang.

“Terlebih dahulu saya sampaikan terima kasih kepada masyarakat Jawa Barat, berkat kerja keras kita semua, Pilgub (Jabar) berjalan lancar. Dan berbuah hasil, Asyik mendapat kepercayaan masyarakat Jawa Barat di mana hasil hitung cepat, Aysik berada pada posisi dua teratas,” kata Anggawira dikutip laman Berita Satu.

“Insyaallah Asyik pemenangnya. Kita tunggu hasil resmi KPU. Hasil hitung cepat itu, secara ilmiah belum bisa ditentukan pemenangnya. Bedanya Asyik dengan Rindu masih berada dalam margin of error,” lanjut Anggawira yang juga Wakil Ketua Umum DPD Partai Gerindra Jawa Barat.

Anggawira pun memaparkan hasil hitung cepat beberapa lembaga survei itu margin of error-nya seharusnya bukanlah 1%. Karena untuk mendapatkan hasil dengan selang kepercayaan 99% dan margin of error 1%dibutuhkan sampel 13.618 TPS dari populasi 74.942 TPS di Jabar.

Sedangkan, lanjutnya, beberapa lembaga survei yang melakukan hitung cepat itu, hanya mengambil sampel 300-600 TPS. Artinya margin of error-nya adalah 7% (300 TPS) dan 5% (300 TPS).

Hasil Quick Count Pilgub Jabar 2018

Hasil Quick Count Internal Gerindra

Hasil Quick Count Internal Gerindra menunjukkan pasangan Asyik unggul tipis atas Rindu. Asyik meraih 30,69% suara dan Rindu 30,44%.

Rizaldy Danar dari tim pemenangan internal Gerindra untuk Pilgub Jabar 2018 , Gerindra membentuk dua tim yang terpisah dan berbeda.

Data tim pertama, yaitu Rindu 30,44%, Hasanah 12,88%, Asyik 30,69% dan 2DM 25,99%. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 1.200 TPS dan margin of error 4% pada confidence level 99%.

Data tim kedua, yaitu Rindu 30,6%, Hasanah 13,66%, Asyik 31,72%, 2DM 24,02%. Jumlah sampel sebanyak 600 TPS dan margin of error 5% pada confidence level 99%.

Menurut Rizaldy, dengan data tersebut dapat menyimpulkan dua hal. Pertama, ternyata hasil survei terakhir tidak jauh berbeda dengan hasil quick count. Perbedaannya tipis, masih di bawah margin of error.

"Sehingga kami memutuskan bahwa hasil yang diperoleh oleh tim kami lebih terpercaya dibanding lembaga-lambaga survei yang lain," tegas Rizaldi dikutip liputan6.com.

Kedua, ia mengatakan, hasil quick count dari dua tim Gerindra menyatakan bahwa pasangan Asyik memperoleh suara lebih banyak daripada pasangan Rindu. Menurut tim pertama, Asyik unggul dengan selisih 0,25%, dan menurut tim 2, Asyik unggul 1 12%.

"Jika hasil quick count internal kami ini bisa dijadikan patokan, maka pemenangnya adalah pasangan Asyik. Hasil ini akan menjadi jelas ketika rekapitulasi suara di KPU Jawa Barat telah selesai," jelas Rizaldy.*

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 Response to "Hasil Resmi Pilgub Jabar 2018 Belum Diumumkan, Asyik Masih Berpeluang Menang"

Post a Comment