June 30, 2018

Hasil Resmi Pilgub Jabar dan Pilwalkot Bandung Diumumkan 6 Juli 2018

Bandung Aktual | June 30, 2018

Hasil Resmi Pilgub Jabar dan Pilwalkot Bandung Diumumkan 6 Juli 2018
Hasil Resmi Pilgub Jabar dan Pilwalkot Bandung Diumumkan 6 Juli 2018.

Hasil resmi Pemilihan Wali Kota Bandung (Pilwalkot Bandung 2018) dan Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar 2018) akan diumumkan Jumat 6 Juli 2018.

Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung, Rifqi Alimubarok, rekapitulasi resmi suara Pilwalkot dan Pilgub baru akan dimulai Sabtu (30/6) hingga Rabu (4/7).

"Jadi sekarang sudah mulai selesai rekapitulasi tingkat kecamatan mulai hari ini hingga 4 juli, berdasarkan tahapan mulai 28 juni, untuk di tingkat kota bandung akan mulai serentak 30 juni, dan tingkat kecamatan sekarang mempersiapkan untuk proses besok," kata Rifqi dikutip laman Inilah Koran.

Menurut Rifqi, pengumuman resmi hasil Pilgub Jabar dan Pilwaktot Bandung akan dilakukan setelah rapat pleno. 

Hasil Resmi Pilgub Jabar dan Pilwalkot Bandung Diumumkan 6 Juli 2018
"Di tingkat kota akan mulai kemungkinan 4-6 juli kita akan koorsinasi dengan tingkat provinsi, pengumuman 6 juli untuk wali kota dan gubernur di tingkat kota. Hasil sekarang yang sudah di entry data au5dah 91 persen, paslon sesuai mendekati yang sudah mendapatkan dari media," ujarnya.

Rifqi memaparkan, hasil penghitungan sementara KPU Kota Bandung di Pilwalkot Bandung 2018 tidak berbeda jauh dengan hasil dari sejumlah lembaga survei, ataupun tim pemenangan dari masing-masing calon.

Dari hasil hitung cepat KPU Kota Bandung, pasangan nomor urut 1, Nurul Arifin-Chairul Yaqin Hidayat mendapatkan suara 23,96 persen. Pasangan nomor urut 2, Yossi Irianto-Aries Supriatna, mengumpulkan 26,08 persen suara. 

Pasangan Oded Muhammad Danial-Yana Mulyana sebagai nomor urut 3 meraih 49,96 persen suara alias sebagai pemenang.

"Sesuai hasil yang unggul sementara berdasarkan entry data nomor urut 3, kedua nomor urut 2, dan ketiga nomor urut 1, untuk perolehan nanti belum selesai entry data, dan maksimal entry data hari ini," katanya.

Hasil hitung cepat (quick count) Pilgub Jabar 2018 menunjukkan pasangan Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul Ulum unggul atas tiga pasangan lainnya. 

Namun, kubu pasangan Sudrajat - Ahmad Syaikhu juga mengklaim menang di hitung cepat versi Asyik. Apalagi hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei menunjukkan selisih suara cukup kecil antara Ridwan-Uu dan Sudrajat-Syaikhu, yakni antara 2-3 persen saja.

Hasil hitung cepat (quick count) Pilwalkot Bandung 2018 menunjukkan pasangan Oded M Danial - Yana Mulyana unggul jauh atas dua pasangan lainnya. Hampir dipastikan Oded-Yana tampil sebagai pemenang.*

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon