Survei Pilwalkot Bandung Terbaru: Pasangan Oded-Yana Masih Unggul

Survei Pilwalkot Bandung Terbaru: Pasangan Oded-Yana Masih Unggul
Survei Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Bandung 2018 terbaru masih menunjukkan pasangan Oded M Danial Mulyana masih mengungguli tiga pasangan calon lainnya.

Hasil survei Citra Survei Indonesia (CSI) dan Pusat Kajian Politik Indonesia (PKPI) yang dirilis Jumat (22/6/2018) menunjukkan pasangan Oded - Yana masih unggul jauh dibanding dua pasangan lainnya.

Ketua PKPI Gede M Soekawati menyebutkan, berdasarkan hasil survei, Oded-Yana masih mendominasi pilihan masyarakat. 

Tingkat keterpilihan (elektabilitas) yakni 48,9 persen, diikuti pasangan Nurul Arifin dan Chairul Yaqin Hidayat (Ruli) sebesar 24,1 persen dan pasangan Yossi Irianto - Aries Supriatna sebesar 18,5 persen. Responden yang belum menyatakan pilihan atau Tidak Tahu (TT) sebesar 8,5 persen.

"Secara spontan pasangan Oded – Yana cukup diinginkan oleh masyarakat untuk saat ini. Nama Oded masih ada brand dulunya Wakil Walikota Ridwan Kamil," kata Gede.

Gede menuturkan, masyarakat masih ingin konsep Bandung Juara yang digaungkan kepemimpinan Ridwan Kamil dilanjutkan. Sosok Oded yang merupakan wakil wali kota dianggap bisa melanjutkan program-program Ridwan Kamil.

"Konsepnya meneruskan Bandung Juara, dan Yana juga nampaknya ikut menguatkan di lapangan,” ujarnya.

Direktur Eksekutif CSI Aendra Medita menambahkan, Oded-Yana memiliki relawan PKS dan pasukan pendukung Gerindra yang cukup solid di Kota Bandung. Tim pemenangan ini dianggap memberikan kontribusi besar dalam menyosialisasikan program-program kepada masyarakat.

“Bisa jadi elektabilitas Oded-Yana ini bukan hanya dirinya dikenal tapi mereka dipopulerkan oleh relawannya yang militan,” kata Aendra.

Hasil Survei Pilwalkot Bandung 2018 lainnya dirilis Profesional Assistant Research and Consulting (Pro Asst). 

Direktur Eksekutif Pro Asst, Fahrudin Rusbani, menuturkan, mendekati masa akhir kampanye, pasangan Oded M. Danial - Yana Mulyana meninggalkan jauh Pasangan Yossi Irianto-Aries Supriyatna (Hebring) dan Pasangan Nurul Arifin- Chaerul Yaqin Hidayat (Nuruli).

Berdasarkan data hasil survei Pro Asst Pilwalkot Bandung 2018, trend elektabilitas paslon yakni Pasangan Oded-Yana 57,10 persen, Nurul-Chaerul 25,40 persen, dan Yossi-Aries 15,60 persen. 

"Dengan trend survei tersebut memang belum menentukan hasil pilwalkot Bandung 2018. Tapi dengan margin error lima persen, maka sulit bagi paslon lain menyusul pasangan Oded-Yana," ungkapnya, Jumat (22/6/2018).

Unggulnya pasangan Oded-Yana karena dianggap lebih berpengalaman dibanding pasangan lainnya, karena melihat prestasi dari pemerintahan sebelumnya yakni Ridwan Kamil dan Oded M. Danial.

"Masyarakat lebih melihat ke Oded M. Danial dalam prestasi Kota Bandung, ditambah ada jargon yang melanjutkan Bandung juara yang diusung pasangan ini. Sedangkan Yossi tidak dilihat mewakili keberhasilan Kota Bandung, meski merupakan Sekda Kota Bandung," tuturnya.

Survei Pilwalkot 2018 tebaru lainnya dirilis lembaga survei Media Survei Nasional (Median). Hasilnya, Oded M. daniel- Yana Mulyana unggul atas dua pasangan rival mereka.

Menurut Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun, elektabilitas atau tingkat keterpilihan pasangan Oded-Yana memimpin sebesar 42,0 persen.

Pasangan Nurul Rifin-Chairul Yaqin dengan 30,5 persen, dan di tempat ketiga diduduki pasangan Yossi Irianto- Aries Supriatna dengan 16,9 persen. Sedangkan yang belum menentukan pilihan sebesar 10,6 persen.

Survei Pilwalkot Bandung Terbaru: Pasangan Oded-Yana Masih Unggul
Menanggapi hasil-hasil survei yang hampir semuanya menunjukkan keunggulannya, Oded M Danial berterima kasih kepada seluruh bagian tim pemenangan serta warga yang telah mengawal dukungan.

“Alhamdulillah, suara dukungan warga bagi Oded-Yana yang tercermin melalui lembaga survei terpercaya ini terus di posisi teratas, hingga saat ini. Semoga harapan warga ini masih bisa terjaga hingga hari pencoblosan, 27 Juni nanti, guna menghadirkan pemerintahan yang mampu membawa Kota Bandung beserta warga masyarakatnya menjadi kota yang Unggul, Nyaman, Sejahtera dan Agamis,” ujar Oded dalam rilisnya, Jumat (22/6/2018).

Ia mengapresiasi pergerakan tim pemenangan dari bagian partai, relawan, jaringan, simpatisan, hingga warga yang tertarik dengan program Oded-Yana. Hasilnya, banyak warga yang memutuskan dukungan kepada pasangan yang diusung PKS dan Partai Gerindra itu.

"Saya juga berterima kasih kepada warga yang sudah menyatakan dukungan, lalu berinisiatif menyebarluaskan kabar dukungan kepada kami ke seluruh kerabat, saudara, dan warga lainnya," tuturnya.

Pada survei November-Desember 2017 yang dilakukan mahasiswa Stastika FMIPA Unpad, tingkat elektabilitas Oded mencapai 34%, Atalia Kamil 26%, Nurul Arifin 20%, Ayi Vivananda 15%, dan Yossi Irianto 5%.

Pada April 2018, Rectoverso merilis survei tingkat popularitas Oded di angka 80%, Nurul Arifin 72.75%, dan Yossi Irianto 66.25%. 

Dalam tingkat elektabilitas pasangan, posisi teratas ditempati Oded-Yana dengan 45%, Yossi-Aries 31.5%, dan Nurul-Ruli 19%, serta tidak tahu atau tidak menjawab 4.5%.

Survei PT Parameter Konsultindo kepada 557 responden di 87 kelurahan yang tersebar di 24 kecamatan, 7-13 Mei 2018, Oded-Yana unggul di 49 kelurahan (republika.co.id/galamedianews.com/tribunjabar.id).*

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 Response to "Survei Pilwalkot Bandung Terbaru: Pasangan Oded-Yana Masih Unggul"

Post a Comment