Pengertian dan Perbedaan Bobotoh & Viking Persib Bandung #PersibDay

Bandung Aktual   July 26, 2018   Follow @bandungaktual
Pengertian dan Perbedaan Bobotoh & Viking Persib Bandung
Disini Bonek, Disana Viking, Dimana-Mana Kita Saudara! Demikian nyanyian atau yel-yel ratusan suporter Persebaya Surabaya (Bonek) menyambut kedatangan suporter Persib (Bobotoh) di Stasiun Gubeng, Surabaya, Kamis (26/7/2018).

Suasana persaudaraan sangat terasa seperti dalam video yang diunggah akun Twitter resmi Persebaya, @persebayaupdate. Kedatangan bobotoh ke Surabaya untuk menyaksikan langsung pertandingan Persebaya Surabaya vs Persib Bandung di Stadion Gelora Bung Tomo, Kamis malam.

Muncul pertanyaan, kenapa yang diteriakkan nama "Viking", bukan "Bobotoh"? Mungkin, hal itu untuk memudahkan nyanyian yang diadopsi dari lagu Disini Senang Disana Senang.

Pasalnya, jika menggunakan kata "Bobotoh", maka tidak "ngepas" dua suku kata sebagaimana "Vi-King" (bandingkan dengan "Bo-Bo-Toh" yang tiga suku kata) untuk menggantikan suku kata "Se-Nang".

Yang dimaksud Bonek tentu bukan hanya Viking, tapi semua bobotoh atau suporter Persib Bandung.

Pengertian dan Perbedaan Bobotoh & Viking Persib 

Ringkasanya, Viking adalah kelompok suporter Persib Bandung. Bobotoh adalah sebutan bagi suporter, fans, atau pendukung Persib.

Jadi, Viking adalah bobotoh, namun tidak semua bobotoh itu Viking. Persib berdiri sejak 1933. Bobotoh pun ada sejak 1933. Viking berdiri 1993.

Selain Viking, ada kelompok bobotoh lainnya, seperti Bomber (Bobotoh Maung Bandung Bersatu), Casual, The Bombs, Ultas, dll. Viking --lengkapnya Viking Persib Club (VPC)-- merupakan kelompok suporter Persib (bobotoh) terbesar.

Selain itu, tidak semua bobotoh tergabung dalam kelompok Viking atau kelompok suporter Persib lainnya.

Banyak juga yang menjadi "kelompok" Bobotoh Anu Lalajo Dina Tipi  alias nonton siaran lamngsung Persib di televisi --dikenal dengan singkatan atau istilah Bonjovi atau Bonjopi.

Pengertian Bobotoh

bobotoh persib bandung
Bobotoh berasal dari bahasa Sunda. Bobotoh artinya adalah pendukung, penyemangat, atau pendamping. Nga-bobotoh-an artinya mendukung atau menjadi penyemangat.

Kata bobotoh dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai "sebutan untuk pendukung sepak bola", dalam hal ini pendukung klub sepakbola Persib Bandung.

Menurut Kamus Umum Bahasa Sunda terbitan Lembaga Basa jeung Sastra Sunda, bobotoh artinya adalah purah ngagedean hate atawa ngahudang sumanget kanu rek atawa keur ngadu jajaten (orang yang berperan membesarkan hati atau membangun semangat bagi mereka yang akan atau sedang bertarung atau berlomba).

Jadi, secara bahasa, bobotoh adalah pendukung sebuah satu tim atau orang yang sedang bertanding atau berlomba.

Pengertian Viking

Viking adalah nama suku bangsa di kawasan Skandinavia (Norwegia dan Swedia ditambah Denmark) yang berprofesi sebagai pedagang, peladang, dan paling terkenal sebagai perompak (seringkali setelah gagal berniaga).

Sebutan Viking secara luas dapat pula digunakan untuk menyebut seluruh populasi Skandinavia pada Abad Viking beserta perkampungan-perkampungan sebarannya. (Wikipedia).

Viking Persib Club (VPC)

Viking Persib Club
Viking dikenal sebagai bangsa penjelajah dan penakluk. Citra Viking sebagai penakluk inilah yang menginspirasi pendirian kelompok suporter Persib dengan nama Viking Persib Club (VPC) pada 17 Juli 1993.

Nama Viking bagi kelompok bobotoh Persib diusulkan salah satu pendiri VPC, Ayi Beutik, yang dikenal sebagai Panglima Viking). Selain Ayi Beutik, nama lain yang masuk jajaran pendiri Viking Persib antara lain Heru Joko, Dodi Rokhdian, Hendra Bule, dan Aris Primat.

VPC berawal dari bobotoh yang mengklaim sebagai "penguasa tribun selatan Stadion Siliwangi", yakni stadion kandang Persib sebelum dibangunnya Stadion Si Jalak Harupat (SJH) Soreang Kabupaten Bandung dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage Kota Bandung.

Menurut cerita para pendirinya. Ayi Beutik mengusulkan nama Viking agar terkesan "stylish".

"Meh gaya, da urang mah Orang Bandung, budak ngora, kudu gaya," katanya saat ditanya mengapa mengusulkan nama Viking. (Biar gaya, kan kita orang Bandung, anak muda, harus gaya [stylish]).

Menurut Ayi, Viking merupakan ‘bangsa penakluk’. Dulu sempat populer kaus bobotoh bertuliskan "Persib Sang Penakluk".

Demikian Pengertian dan Perbedaan Bobotoh & Viking Persib Bandung. (Sumber: Pikiran Rakyat, Viking Persib).*

» Hatur Nuhun sudah baca Pengertian dan Perbedaan Bobotoh & Viking Persib Bandung #PersibDay

Previous
« Prev Post

0 Response to "Pengertian dan Perbedaan Bobotoh & Viking Persib Bandung #PersibDay"