PPDB Kota Bandung 2018 Kacau, Ribuan Siswa Gagal Masuk Sekolah Negeri

Bandung Aktual   July 12, 2018   Follow @bandungaktual
PPDB Kota Bandung 2018 Kacau, Ribuan Siswa Gagal Masuk Sekolah Negeri
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Bandung 2018 ditutup 9 Juni 2018. Hasilnya, sebanyak 5.069 siswa gagal masuk SMP negeri dari 21.122 siswa yang mendaftar.

Dinas Pendidikan Kota Bandung hanya menyediakan 16.022 kursi sehingga 5069 siswa dinyatakan tidak lolos masuk ke SMP negeri.

Tim PPDB Kota Bandung, Edy Suparjoto, mengatakan Pemerintah Kota Bandung sudah semaksimal mungkin memberi kuota calon siswa tingkat menengah. Bahkan, kursi PPDB Kota Bandung 2018 jauh lebih banyak, yakni 16.022 kursi, dibandingkan PPDB 2017 yang hanya sekitar 13.000.

Siswa yang tidak lulus masuk SMP negeri masih ada alternatif masuk ke pilihan ketiga, yakni sekolah swasta. 

Namun, saat ini masih ditemukannya kendala, ketika orangtua siswa kesulitan mendaftarkan ke swasta.

Anggota Komisi D DPRD Kota Bandung, Gagan Hermawan, menilai, pelaksanaan PPDB Kota Bandung tahun ini tidak lebih baik dari tahun sebelumnya.

Sistem zonasi masih belum bisa merealisasikan semangat pemerataan pendidikan secara baik.

"Sama, belum ada perubahan. Karena kan saya mengamati, tahun sekarang dan tahun kemarin enggak ada perubahan, gitu-gitu aja," ujarnya.

"Di Bandung masih terdapat beberapa permasalahan. Salah satunya permasalahan pemerataan pendidikan. PPDB ini 'kan semangatnya pemerataan fasilitas pendidikan. Tapi, masih ada beberapa kecamatan dan lokasi yang belum mempunyai sarana pendidikan berkelanjutan (SMP, SMA, atau SMK) yang berdekatan," jelasnya.

Gagan mengatakan, seharusnya, pelaksanaan PPDB dengan sistem zonasi ini dibarengi juga dengan penambahan sekolah.

Namun, dia mengklaim, dari tahun kemarin hingga tahun sekarang, jumlah sekolah di Kota Bandung tak bertambah.

"Yang menjadi pekerjaan rumah, harusnya segera bisa merealisasikan mempercepat fasilitas pendidikan itu. Anak yang sekarang ini kan dari lokasi rumah ke sekolah ini kan ada yang sampai satu kilometer kalah oleh naka sekitar yang jaraknya dekat dari sekolah," kata Gagan (jawapos.com/tribunjabar.co.id).*

» Hatur Nuhun sudah baca PPDB Kota Bandung 2018 Kacau, Ribuan Siswa Gagal Masuk Sekolah Negeri

Previous
« Prev Post

0 Response to "PPDB Kota Bandung 2018 Kacau, Ribuan Siswa Gagal Masuk Sekolah Negeri"