August 8, 2018

Mitra Kukar vs Persib Bandung: RD Incar Kemenangan Perdana

Bandung Aktual | August 08, 2018

Rahmad Darmawan vs Mario Gomez
PELATIH Mitra Kukar Rahmad Darmawan (RD) membidik kemenangan pertamanya bersama Naga Mekes saat menjamu Persib Bandung di laga pekan ke-20 Liga 1 di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Jumat (10/8/2018) sore.

RD mengawali debutnya sebagai pelatih baru Mitra Kukar dengan hasil kurang memuaskan saat kalah 2-3 di kandang Borneo FC di laga pekan ke-19 Liga 1.

RD menilai, poin maksimal tidak akan mudah didapat dalam pertandingan menghadapi Persib yang kini memimpin klasemen.

"Saya sendiri sudah pernah melawan Persib saat masih bersama tim lama (Sriwijaya FC). Mereka tim yang solid, khususnya di sektor pertahanan," ucap RD dikutip Kompas.com, Rabu (8/8/2018).

"Enggak banyak tim di Liga 1 yang pakai pola 4-4-2 seperti Persib, yang bisa menyeimbangkan antara menyerang dan bertahan. Saya lihat pemain mereka di semua lini juga sudah mengerti tentang konsep yang diinginkan oleh pelatihnya," ujarnya.

RD juga menilai, Persib memiliki barisan lini depan yang mumpuni yang dihuni Jonathan Bauman, Ezechiel N'Douassel, Ghozali Siregar, Oh In-kyun Oh, Agung Mulyadi, hingga penyerang baru yang sempat bersamanya di Sriwijaya FC, Patrich Wanggai.

"Mereka juga punya pemain depan yang kuat dalam menguasai bola. Walaupun kalah jumlah orang, mereka bisa mengontrol bola dan memanfaatkan situasi menjadi peluang. Jadi, kalaupun pressure, tetap harus hati-hati sebab mereka mampu menjadikan posisi target man untuk mengalirkan bola kepada second line," kata RD.

RD berharap para pemainnya dapat bisa mengantisipasi pergerakan serta kelincahan para penyerang tim Maung Bandung.

Saat ini Mitra Kukar masih terpaku di urutan ke-14 klasemen dan belum aman dari ancaman degradasi.

"Saya pikir kami sangat butuh poin untuk menjauh dari zona bawah sehingga kami harus bisa memaksimalkan laga kandang untuk mendapatkan tiga poin," tuturnya.

Mitra Kukar vs Persib Bandung
Kubu Persib Bandung berjanji tampil maksimal dalam laga ini. Jajaran pelatih tim Maung Bandung mengklaim sudah mengantongi kekuatan Mitra Kukar yang kini ditangani pelatih Rahmad Darmawan.

"Kami melihat pertandingan Borneo FC vs Mitra Kukar, bagaimana Mitra Kukar bermain. Coach (Mario Gomez) sudah bertemu dengan coach RD (Rahmad Darmawan), tidak cuma di Liga Indonesia tapi juga di Liga Malaysia," ujar pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya, dilansir laman resmi klub.

Dari hasil pengamatannya, Mitra Kukar memiliki permainan yang tidak jauh berbeda dari saat putaran pertama, meski saat ini ditangani RD. Itulah mengapa, Yaya beserta jajaran pelatih Persib lainnya tetap berani memasang target tiga poin di laga ini.

"Yang penting dan kami lihat pertandingan kemarin Mitra Kukar (melawan Borneo), lalu dianalisis dan mempersiapkan diri dengan target tiga poin," tegasnya.

Yaya mengungkapkan, selama ini segala kekurangan yang masih ada di tim asuhannya selama ini sudah dievaluasi secara menyeluruh. Khususnya untuk lini belakang. Selama ini lini belakang kerap kecolongan gol, terutama di menit-menit akhir.

"Kami tanamkan bagaimana pemain Persib harus tetap menjaga konsentrasi itu, hingga 100 menit. Misalnya ada tambahan waktu yang harus bikin kami tetap menjaga konsentrasi. Makanya, pemain dituntut seperti itu agar bisa meminimalisasi kebobolan," kata Yaya.

Duel kedua tim di putaran pertama berakhir untuk kemenangan Maung Bandung dengan skor 2-0.

Duel kedua pelatih, Mario Gomez vs Rahmad Darmawan, sudah terjadi di Piala Presiden 2018. Saat itu Persib menang 1-0 atas Sriwijaya FC yang saat itu dilatih RD.*

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon