August 2, 2018

Pemkot Bandung Luncurkan ATM Beras

Bandung Aktual | August 02, 2018

Pemkot Bandung Luncurkan ATM Beras
Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meluncurkan Anjungan Terima Mandiri (ATM) Beras yang diisi dengan beras berkualitas premium.

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, meluncurkan ATM Besar yang diperuntukkan bagi warga kurang mampu ini, Selasa (31/7/2018).

Emil --sapaan akrab Ridwan Kamil-- meluncurkan ATM Beras dalam peringatan Hari Krida Pertanian ke-46 di Lapangan Urugan, di Kelurahan Cisurupan, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung.

Acara peluncuran ditandai dengan pengguntingan pita dan penyerahan kartu ATM Beras kepada empat orang perwakilan dari warga kurang mampu.

ATM Beras ini secara khusus mengakomodasi warga yang tidak menerima beras miskin (raskin) dan untuk memperpendek rantai distribusi.

"Raskin 'kan sistem memberi kepada warga tidak mampu. Kalau itu diberikan langsung Pak RT-nya. Sekarang cukup pakai kartu," ujar Emil dikutip merdeka.com.

Saat ini, enam unit pertama ATM Beras telah berada di rumah-rumah ibadah, masing-masing di lima masjid --Masjid Abu Bakar Ash Shiddiq di Kecamatan Gedebage, Masjid An Nur di Kecamatan Antapani, Masjid Atlas di Kecamatan Kiaracondong, Masjid Al Ikhlas di Kecamatan Cicendo, Masjid Al Fitroh Kecamatan di Bandung Kulon.

Satu lagi unit ATM Beras berada di Gereja Tabernakel, Kecamatan Cibeunying Kaler. Emil menegaskan, seluruh rumah ibadah di kota Bandung akan merata kedapatan ATM Beras.

Cara Menggunakan ATM Beras

Cara mengambil beras melalui ATM Beras adalah dengan menempelkan kartu ke bagian tengah muka mesin untuk dipindai. Beras akan keluar sesuai jatah, yakni dua kilogram setiap pengambilan.

Setiap pemegang kartu akan memiliki hak mengambil beras secara gratis sebanyak maksimal lima kali atau 10 kg per bulan.

ATM Beras tak diisi dengan jenis beras raskin atau kini telah bernama beras bantuan sosial Natura yang pada umumnya menggunakan beras kualitas medium.*

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon