August 17, 2018

Persib Bandung Siap Tanpa Striker Asing

Bandung Aktual | August 17, 2018

Persib Bandung Siap Tanpa Striker Asing
Persib Bandung menyatakan siap tanpa striker asing sebagaimana diwacanakan COO Liga Indonesia Tigorshalom Boboy.

Dilansir laman resmi Liga Indonesia, Boboy mewacanakan Liga 1 musim depan setiap tim tidak boleh mempergunakan penyerang asing.

Alasannya, Timnas Indonesia mengalami krisis striker akibat dominasi penyerang asing di kompetisi Liga 1. Timnas Indonesia U-23 saat ini yang bermain di Asian Games 2018 mengandalkan striker naturalisasi, Beto Goncalvez.

Daftar top skorer Liga 1 2018 pun saat ini didominasi penyerang asing, seperti Fernando Rodriguez Ortega (Mitra Kukar), Ezechiel N’Douassel (Persib), dan David Silva (Persebaya).

Menyikapi wacana tersebut, manajer Persib Umuh Muchtar menyatakan timnya siap tanpa striker asing.

Menurut Umuh, regulasi itu akan memberikan kesempatan untuk penyerang lokal.

“Itu mungkin untuk berikan kesempatan kepada pemain lokal, itu bagus tidak ada masalah. Justru harus memperlihatkan orang kita mampu, orang kita juga bisa” katanya dilansir laman Simamaung.

Menurut Umuh, penyerang-penyerang lokal di Indonesia saat ini memang jarang mendapat kesempatan. Mayoritas tim yang memakai ujung tombak asing buat pemain pribumi di posisi itu harus banyak duduk di bangku cadangan.

“Ini 'kan penyerang di kita jarang dapat kesempatan,” lanjutnya.

Umuh yakin striker lokal bisa menunjukkan kualitas jika sering mendapatkan kesempatan bermain. Ia mencontohkan striker Persiab asal Papaua, Patrich Wanggai, yang sudah mengemas 3 gol padahal baru direkrut pada pertengahan musim.

"Justru diperlihatkan orang kita mampu, orang kita juga bisa," ucapnya.

Saat ini lini depan Persib diperkuat dua striker asing, Jonathan Bauman dan Ezechiel N'Douassel. Keduanya menjadi starter reguler di kompetisi Liga 1 2018.

Striker lokal yang dimiliki Persib saat ini adalah Muchlis Hadi, Airlangga Sucipto, Wildan Ramdani, dan Patrich Wanggai.

Striker asinga yang pernah membela Persib adalah Hilton Moreira, Kenji Adachihara, Dzumafo Epandi, Djibril Coulibaly, dan Carlton Cole.

Satu-satunya musim Persib tanpa striker asing terjadi pada ISC 2016. Kala itu, Pangeran Biru mengandalkan lima penyerang lokal Sergio van Dijk, Atep, Tantan, Zulham Zamrun, dan Samsul Arif.*

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon