Polisi Tangkap 3 Terduga Teroris di Perumahan Samping Stadion GBLA

Polisi Tangkap 3 Terduga Teroris di Perumahan Samping Stadion GBLA
Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri menangkap tiga terduga teroris di sebuah rumah di kompleks perumahan Griya Cempaka Arum (GCA), samping Stadion GBLA, Gedebage, Kota Bandung, Rabu (1/8/2018) malam.

"Informasinya memang ada (penangkapan), akan tetapi unuk data lengkap kita belum mengetahui," ujar Kapolrestabes Bandung Hendro Pandowo.

Tiga terduga yang diamankan berinisial JR (23), RH (21) yang tercatat sebagai warga Kota Bandung, serta TB (25), yang tercatat sebagai warga Kabupaten Sumedang. Terduga TB merupakan murid Aman Abdurrahman, terpidana mati atas kasus terorisme.

Ketiga teroris ditangkap di Gedebage ini diduga terkait dengan jaringan ISIS Jamaah Ansharut Daulah (JAD). Kendati demikian, belum bisa dipastikan bagaimana rincian dari penangkapan yang dimaksud, termasuk peran ketiganya serta barang bukti yang diamankan.

"Penanganan kasus tersebut ditangani oleh Densus 88 Mabes Polri," kata Hendro dikutip laman Pikiran Rakyat.

Sebelumnya, polisi juga menggeledah sebuah rumah di kawasan Mekarwangi Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung, Kamis 19 Juli 2018. Diduga hal itu berkaitan dengan terorisme. Namun belum bisa dipastikan rincian penggeledahan yang dimaksud.

"Benar, Densus yang menggeledah," ujar Hendro.

Penangkapan terduga tertoris di perumahan dekat Stadion GBLA tersebut juga dikonformasi Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto.

"Benar dua terduga teroris diamankan di wilayah Gedebage Bandung," kata Agung, Jumat (3/8/2018).

Dikatakanya, Lokasi penangkapan terduga teroris ini berdekatan dengan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung. Pihak Polda Jabar akan terus bekerja keras dalam pengamanan. Terlebih, stadion tersebut dipakai untuk latihan para pesepak bola dalam kontestasi Asian Games.

"Stadion GBLA tempat latihan atlet, maka kita amankan terduga teroris supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Juga sampai saat ini belum ada indikasi penyerangan (Mapolda)," ujarnya.

Informasi yang didapatkan Bandung Aktual dari pihak Kecamatan Gedebage menyebutkan, rumah yang digrebek Densus 88 merupakan "sekolah" berkedok pendidikan. Sejumlah anak dididik secara eksklusif di rumah tersebut dan tidak berbaur dengan warga kompleks.

Dengan penangkapan tersebut, polisi sudah menangkap sedikitnya 37 terduga teroris di berbagai wilayah di Jabar dalam beberapa bulan terakhir. Penangkapan itu pun dalam rangka mengamankan event olahraga akbar Asian Games.

Mereka ditangkap di berbagai wilayah di Jawa Barat, seperti Tasikmalaya, Bandung, Subang, Cirebon, Indramayu, dan Bogor. "Sejauh ini kita lakukan penangkapan terhadap 37 terduga teroris," kata Agung.

Kapolda mengimbau masyarakat untuk aktif memberikan informasi kepada polisi bila menemukan aktivitas mencurigakan dari warga baru yang masuk di lingkungan masyarakat.*

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 Response to "Polisi Tangkap 3 Terduga Teroris di Perumahan Samping Stadion GBLA"

Post a Comment