September 30, 2018

Ahli Hukum: Kasus Pengeroyokan di GBLA Kriminal Murni, Persib Tak Bersalah

Bandung Aktual | September 30, 2018

Ahli Hukum: Kasus Pengeroyokan di GBLA Kriminal Murni, Persib Tak Bersalah
Aksi pengeroyokan terhadap suporter Persija Jakarta, Haringga Sirila, di luar Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (23/9/2018), dinilai sebagai perbuatan kriminal murni.

Insiden tersebut terjadi di luar pagar kedua stadion dan terjadi sekitar tiga jam sebelum pertandingan Persib Bandung vs Persija Jakarta dimulai.

Menurut Pakar Hukum Pidana Universitas Trisakti, Abdul Fickar Hadjar, peristiwa tersebut murni kriminal pengeroyokan dan penganiayaan yang menyebabkan kematian. 

"Karenanya kasus ini harus diusut dan diselesaikan secara hukum," ungkap Abdul kepada wartawan dikutip Liputan6.com, Minggu (30/9/2018).

Abdul menjelaskan, dalam perspektif hukum pidana mereka yang bertanggung jawab langsung adalah pihak yang langsung melakukan perbuatan pidana dengan segala motifnya, dalam hal ini para tersangka yang sudah ditahan polisi. 

Karena itu, meskipun konteksnya pertandingan sepakbola, tidak bisa organisasi atau lembaga seperti Persib dibebankan kesalahan, karena pelaku kesalahan adalah oknum-oknumnya.

Abdul menegaskan, sebuah lembaga baru dapat menjadi subyek pidana hanya pada kejahatan-kejahatan korporasi yang menyangkut keuangan dan lingkungan hidup. Kendati begitu, sepakbola memiliki aturan dan etika yang dapat menjadi acuan.

Sejauh ini polisi sudah menangkap sejumlah tersangka. Mereka dijerat Pasal 170 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana tentang Pengeroyokan dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.

Kapolrestabes Bandung, Komisaris Besar Polisi Irman Sugema, menegaskan hingga saat ini, polisi telah menetapkan delapan orang sebagai tersangka pengeroyokan yang seluruhnya tidak mengantongi tiket.

PSSI akan mengumumkan sanksi bagi Persib pekan ini, setelah tim investigasi melakukan tugasnya. Setelah sanksi dijatuhkan, kemungkinan Liga 1 2018 yang dihentikan sementara akan segera bergulir kembali dengan memainkan laga pekan ke-24.*

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon