Ganesport Institute Rekomendasikan Persib Degradasi dan Pengurangan 12 Poin

Ganesport Institute Rekomendasikan Persib Degradasi dan Pengurangan 12 Poin
Lembaga riset kebijakan olahraga, Ganesport Institute, memberikan lima rekomendasi sanksi untuk Persib Bandung dan Persija Jakarta terkait Tragedi GBLA yang menewaskan Haringga Sirla, Minggu (23/9/2018).

Ganesport Institute menilai, PSSI dapat memberikan hukuman untuk memberikan efek jera kepada kedua klub berdasarkan kajian ranah hukum olahraga (lex sportiva).

Ganesport Institute menyarankan Komisi Disiplin PSSI dan operator Liga Indonesia Baru segera memberikan hukuman berat kepada kedua klub.

“Mengingat kejadian ini terus berulang dan kami merasa pembunuhan terhadap Haringga merupakan titik terendah perilaku kekerasan suporter sepak bola Indonesia, kami menyarankan hukuman yang diberikan pun harus mencerminkan titik terberat agar ada efek jera yang ultra maksimal,” kata Direktur Eksekutif Ganesport Institute, Amal Ganesha, di Jakarta, Rabu (26/9/2018).

“Dalam hal ini, Kemenpora dan BOPI bisa mendesak PSSI untuk segera mengeluarkan keputusan yang sifatnya extraordinary,” ujar Amal.

Peniliti hukum Ganesport Institute, Rimba Supriatna, melakukan analisis lanjutan yang menyimpulkan PSSI memiliki landasan kuat untuk menghukum berat klub terkait tragedi pembunuhan dalam wilayah sepak bola.

"Merujuk pada Kode Disiplin PSSI Tahun 2018, PSSI berhak menjatuhkan sanksi apa pun yang diatur dalam Kode Disiplin untuk jenis tindakan kekerasan kepada orang atau objek tertentu," kata Rimba.

Berikut ini 5 Rekomendasikan Ganesport Institute seperti dilansir kompas.com

 1. Setiap laga Persib melawan Persija dalam kompetisi apapun di Indonesia, dilaksanakan tanpa penonton selama lima (5) tahun.

 2. Setiap laga Persib v Persija di kompetisi apapun di Indonesia tidak dipertandingkan selama lima (5) tahun, dan diganti dengan skor imbang 0-0.

 3. Pengurangan 12 poin kepada klub yang suporternya terbukti melakukan pembunuhan kepada suporter lain.

 4. Mengeluarkan atau mencabut lisensi klub terkait dari kompetisi, dalam hal ini Liga 1.

 5. Mendegradasikan klub terkait ke kasta lebih rendah, dalam hal ini dari Liga 1 ke Liga 2.

Jika rekomendasi tersebut diterima dan diterapkan PSSI, dipastikan menimbulkan reaksi massif dari bobotoh, apalagi jika Persija tidak meneria sanksi serupa terkait tewasnya bobotoh (Rangga) akibat dikeroyok Jakmania di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) musim 2012.*

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 Response to "Ganesport Institute Rekomendasikan Persib Degradasi dan Pengurangan 12 Poin"

Post a Comment