Ridwan Kamil Lengser September, DPRD Jabar Usulkan Nama Penjabat Gubernur

Ridwan Kamil

Masa Jabatan Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat akan berakhir 5 September 2023. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan menunjuk Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat pengganti Ridwan Kamil hingga terpilih Gubernur Jabar yang baru di Pilgub 2024.

Setiap fraksi di DPRD Jawa Barat akan membahas usulan nama bakal calon Pj Gubernur Jabar pengganti Ridwan Kamil kepada Kemendagri.

Setiap fraksi di DPRD Jabar bisa mengusulkan tiga nama. Nantinya, nama-nama tersebut akan dipilih oleh Kemendagri.

Menurut Wakil Ketua Komisi III DPRD Jabar H. Sugianto Nangolah, saat ini ada 8 fraksi di DPRD Jabar yang segera akan membahas soal usulan nama-nama bakal calon Pj Gubernur Jabar pengganti Ridwan Kamil.

“Walaupun setiap fraksi di DPRD Jabar bisa mengusulkan tiga nama bacalon Pj Gubernur Jabar, namun nama-nama yang diusulkan oleh kami belum tentu terpilih, karena kembali lagi keputusan ada di Kemendagri,” kata Sugianto.

Baca Juga

Sugianto berharap sosok Pj Gubernur Jawa Barat terpilih berasal dari orang Sunda, agar bisa mencintai dan memperjuangkan kepentingan masyarakat Jabar.

Selain itu, harus yang mempunyai kapabilitas minimal sama dengan Gubernur Jawa Barat sebelumnya atau bahkan harus lebih baik, di atas dari Ridwan Kamil.

“Ini penting karena Pj gubernur Jabar akan menjabat cukup lama, kurang lebih satu tahun,” tuturnya.

Sugianto juga berharap Pj Gubernur Jawa Barat nanti mampu menyelesaikan janji politik Ridwan Kamil yang belum terealisasikan.

“Dan jangan sampai Pj Gubernur Jabar justru membuat program atau kebijakan baru yang tidak sejalan dengan Gubernur Jabar sebelumnya,” ucapnya. (ANTARA)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *