September 14, 2018

Koreografi Bobotoh Persib Don't Playground With Us Tuai Kontroversi

Bandung Aktual | September 14, 2018

Koreografi Bobotoh Persib Dont Playground With Us Tuai Kontroversi
Koreografi Bobotoh Persib Bandung bertuliskan "Don't Playground With Us" menuai kontroversi. Koreo tersebut dibentangkan saat di awal laga Persib Bandung vs Arema FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Kamis (13/9/2018) sore.

Tujuan koreo, selain menghibur, juga untuk membakar semangat skuat Maung Bandung uang akan bertarung sekaligus teror mental bagi pemain lawan.

Koreo raksasa tersebut menuai kontroversi. Sejumlah netizen mencibir sambil menyertakan tagar #RIPenglish di akun Instagram resmi Liga 1. Mereka menilai tulisan Inggris dalam koreo tersebut keliru.

"Masa jangan bermain tanah dengan kalian, siapa yang mau main tanah dah," tulis seorang netizen.

Jika diartikan sebagai 'Jangan main-main dengan kami', warganet menilai seharusnya memakai kalimat 'Don't Play Around With Us' atau 'Don't Mess With Us'.

Namun, menurut akun intagram @fendyhh, ungkapan 'Don't Playground With Us' merupakan kiasan badut dalam film IT, Pennywise.

Di dalam film, Badut tersebut bermain-main dengan anak-anak di tempat bermain (playground).

Laman Bobotoh.id menjawab arti dari gambar koreografi tersebut. Gambar utama adalah badut Pennywise dalam film IT yang meremas kepala seekor Singa yang merupakan simbol dari Arema FC.

Tangan kiri Pennywise terlihat membawa balon merah yang bertuliskan 'Win Or Die'.

Di sekeliling badut tersebut ada beberapa batu nisan bertuliskan 1987, dimana tahun tersebut adalah tahun berdirinya Arema FC.

Jika diambil dari fakta di atas, bisa diartikan jika koreografi Pennywise milik pendukung Persib bermaksud untuk menyiutkan nyali lawan mereka Arema FC, dengan visualisasi badut Pennywise yang meremas simbol Arema FC, yaitu seekor Singa, diikuti batu nisan bertuliskan tahun berdirinya Arema FC, 1987.

Tulisan 'Don't Playground With Us' diartikan secara kias dengan arti 'Jangan Bermain-main dengan Kami' merujuk latar belakang film IT, dimana Pennywise menakuti anak-anak di taman bermain (playground).

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon