September 29, 2018

Pengamat: Persib Tidak Bersalah Sepenuhnya atas Tindakan Suporter

Bandung Aktual | September 29, 2018

Pengamat: Persib Tidak Bersalah Sepenuhnya atas Tindakan Suporter
Persib tak bersalah sepenuhnya atas tindakan suporter. Pengurangan poin tidak wajar karena kerusuhan tidak menyentuh hal teknis di lapangan.

Pengamat sepakbola Indonesia, Budiarto Shambazy, menilai Persib Bandung tidak bersalah sepenuhnya atas tindakan suporter dalam kasus Tragedi GBLA yang menewaskan Jakmania.

"Persib tidak bersalah, karena ini urusannya penonton, keamanan, dan panpel. Jangan klub yang dihukum," ujar Budiarto saat dihubungi VIVA.

Budiarto mengatakan, wacana pengurangan poin kepada Persib tidaklah wajar. Karena kerusuhan yang ditimbulkan suporter tidak menyentuh hal teknis di dalam lapangan.

"Pengurangan poin itu tidak ada hubungannya dengan kerusuhan. Jangan masuk ke ranah teknis karena tidak ada hubungannya dengan kekerasan suporter. Kecuali kalau hubungannya dengan tindakan tidak senonoh pemain dan ofisial," tuturnya.

Bagi Budiarto, hukuman yang layak bagi Persib kali ini cuma larangan bertanding tanpa suporter saat bermain di kandang sendiri. Hal itu bisa diterapkan PSSI hingga akhir musim Liga 1 2018.

Tragedi GBLA kini dalam penyelidikan PSSI. Hasil penyelidikan akan dibahas di Komdis PSSI untuk menentukan sanksi bagi yang bersalah.

Jakmania yang tewas tidak mengindahkan imbauan polisi agar suporter Persija tidak datang ke Bandung. Pengeroyokan pun terjadi di luar stadion sekitar tiga jam sebelum pertandingan.

Laga Persib vs Persija berlangsung lancar tanpa kerusuhan di dalam stadion dengan skor akhir 3-2 untuk kemenangan Persib.*

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon