September 24, 2018

Pernyataan Sikap PSSI & PT Liga Terkait Pengeroyokan Suporter Persija di GBLA

Bandung Aktual | September 24, 2018

Pernyataan Sikap PSSI & PT Liga Terkait Pengeroyokan Suporter Persija di GBLA
PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 2018 mengeluarkan pernyataan sikap resmi terkait tewasnya suporter Persija Jakarta, Haringga Sirila, di luar Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) menjelang laga Persib Bandung vs Persija, Minggu (23/9/2018).

Haringga tewas setelah dikeroyok oleh sekelompok suporter Persib Bandung di kawasan Stadion GBLA. 

Korban ketahuan sebagai Jakmania usai selfie dengan striker Persija di luar stadion, di area Gerbang Biru Stadion GBLA.

CEO PT LIB, Risha Adi Widjaya, menyatakan turut berbelasungkawa atas peristiwa tersebut. 

"Kami menyampaikan prihatin atas peristiwa tersebut. PT LIB selalu berusaha keras untuk menghilangkan segala bentuk kekerasan dalam sepakbola,” katanya dilansir laman resmi Liga Indonesia.

Dalam pernyataan resminya, PT Liga menyatakan akan mengidentifikasi fakta terkait kejadian tersebut.

"Kepada semua elemen pemangku sepakbola nasional, mari berkomitmen agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi. Mari sama-sama menempatkan sepakbola sebagai pemersatu bangsa,” kata Risha.

Hal senada dikemukakan PSSI. Melalui akun resmi Twitternya, PSSI menyatakan turut berbela sungkawa. 

"Sepak bola haruslah menyatukan, bukan sebaliknya. Kami mengecam oknum pelaku, sekaligus menghimbau kepada semua pihak untuk menahan diri. Kita percayakan penyelesaian kasus ini kepada pihak yang berwenang," demikian PSSI.

Polisi sudah menangkap 10 orang terduga pelaku pengeroyokan. Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP M Yoris Maulana mengatakan, lima orang di antaranya sudah mengakui terlibat. 

"Sampai saat ini kita sudah mengamankan 10 orang yang kita duga sebagai pelaku. Dari 10 orang ini, sejauh ini lima orang sudah mengakui telah melakukan perbuatan tersebut," kata Yoris dikutip kompas.com.

Selain 10 orang tersebut, polisi juga memeriksa 8 saksi.

Tidak Sendiri

Haringga bukan satu-satunya suporter Persija yang mamaksa datang ke Bandung untuk mendukung Persija, meski polisi berulang kali agar Jakmania tidak datang ke Bandung.

Dilansir bolasport.com, dua oknum The Jakmania tertangkap away ke Bandung untuk mengawal timnya berlaga kontra Persib.

Dalam video yang beredar luas di dunia maya, saat tiba di salah satu stasiun Kota Bandung, keduanya sudah tertangkap oleh sekelompok massa.

Dua oknum The Jak tersebut berhasil diselamatkan dan diamankan oleh pihak berwajib. Keduanya tak sampai dihakimi massa sesaat ketika tertangkap basah akan mendukung Persija di GBLA.

Dalam video yang ditayangkan akun Instagram dengan nama @rullyculture_93 kedua oknum The Jak Mania tak beratribut oranye.*

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon