Persib Terancam Sanksi Diskualifikasi Gegara Tragedi GBLA

Persib Terancam Sanksi Diskualifikasi Gegara Tragedi GBLA
PERSIB Bandung terancam sanksi diskualifikasi di Liga 1 2018 akibat tewasnya suporter Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Minggu (23/9/2018). 

Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, menyebut sanksi bagi Persib bisa sampai yang terberat berupa didiskualifikasi.

Suporter Persija, Haringga Sirila, meninggal setelah dikeroyok suporter Persib Bandung jelang laga pekan ke-23 Liga 1 2018. Insiden itu mendorong PSSI mengambil keputusan untuk menghentikan sementara kompetisi Liga 1 2018 hingga waktu yang tidak ditentukan.

Sanksi juga kini menanti Persib Bandung selaku tuan rumah pertandingan tersebut. Namun, PSSI masih menunggu hasil investigasi yang dilakukan Komisi Disiplin PSSI.

"PSSI tidak bisa memutuskan suatu persoalan secara sepihak. Sebab, dalam organisasi itu ada Komdis. Jadi, nanti Komdis akan segera sidang, tetapi Ketum PSSI dan Exco dapat memberikan rekomendasi ke Komdis," kata Edy Rahmayadi dalam konferensi pers di Jakarta.

"Rekomendasi sudah dibicarakan dan ada aturan main. Ada hukuman paling rendah berupa sanksi finansial sampai tingkat diskualifikasi bisa sampai ke sana hukumannya," tegas Edy dilansir bola.com.

Tim berjuluk Maung Bandung itu saat ini menjadi pemuncak klasemen sementara Liga 1 2018 dengan raihan 44 poin.

Edy mengaku PSSI tak ingin terburu-buru dalam memberikan sanksi kepada Persib. Pihaknya akan menunggu laporan dari Komisi Disiplin.

Saat ini Komisi Disiplin sedang melakukan investigasi terkait tewasnya Haringga Sirla. PSSI menunggu hasil penyelidikan lebih dulu sebelum mengambil tindakan atas dasar tersebut.

"(Soal sanksi) itu komdis yang punya wewenang, walaupun saya ketumnya. Kami hanya merekomendasi. Kalau klub yang melakukan, maka klub dihukum dari terendah berupa denda sampai yang terberat seperti didiskualifikasi," kata Edy.

"Saya lebih baik salah mengambil keputusan, tetapi tidak menghukum pihak yang tidak bersalah. Jangan sampai mengambil keputusan dengan emosional, supaya dibilang hebat, akan tetapi malah saya menghukum pihak yang tidak bersalah," ujar Edy.

Setelah melakukan penyelidikan, Komisi Disiplin nantinya akan membawa kasus ini ke sidang Komisi Disiplin. PSSI pun kini berburu dengan waktu yang ditetapkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga yakni dua pekan.*

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 Response to "Persib Terancam Sanksi Diskualifikasi Gegara Tragedi GBLA"

Post a Comment