September 26, 2018

Umuh: Jangan Hanya Persib yang Dihukum, Persija Juga!

Bandung Aktual | September 26, 2018

Umuh: Jangan Hanya Persib yang Dihukum, Persija Juga!
Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, mengatakan, jika Persib Bandung menerima hukuman berat akibat tragedii GBLA Minggu (23/9/2018), maka Persija Jakarta juga harus menerima sanksi serupa akibat tewasnya suporter Persib, Rangga, yang dikeroyok Jakmania di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) tahun 2012.

Menurut Umuh, pihaknya tak keberatan jika timnya dihukum karena suporter terbunuh. Tapi, Umuh meminta Persija Jakarta diperlakukan sama.

"Saya tidak setuju Persib saja yang dihukum. Karena itu tidak adil. Sebab itu (pengroyokan) ulah oknum," tutur Umuh dalam acara Indonesia Lawyer Club (ILC) di TV One, Selasa (25/09/18) malam.

"Sehingga tidak patut Persib saja yang salah, Persija juga harus kena hukuman atas insiden masa lalu, sama-sama punya dosa lah," lanjutnya.

Umuh berharap, kejadian ini bisa jadi pembelajaran untuk seluruh stakeholder sepakbola nasional agar bisa lebih baik ke depannya.

"Sekarang kejadian ini harus jadi pelajaran untuk semua. Tidak cuma Persib atau Persija saja tapi klub lain. Saat ini ayo cari jalan yang terbaik untuk suporter berdamai," katanya.

Persib terancam sanksi terberat berupa diskualifikasi akibat Tragedi GBLA. Namun, saat bobotoh meninggal di GBK akibat dikeroyok Jakmania, Persija tidak menerima sanksi tersebut, hanya didenda dan sanksi pertandingan tanpa penonton.

Saat ini PSSI melalui Tim Pencari Fakta sedang menginvestigasi tragedi tewasnya suporter Persija di luar Stadion GBLA menjelang laga Persib vs Persija. 

Sanksi untuk Persib akan diputuskan dalam dua pekan ke depan atau selama Liga 1 dihentikan senementara oleh PSSI.*

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon