October 10, 2018

Bobotoh Persib Siap Gelar Aksi di Kantor PSSI, Menunggu Hasil Banding

Bandung Aktual | October 10, 2018

Bobotoh Persib Siap Gelar Aksi di Kantor PSSI, Menunggu Hasil Banding
Seluruh komunitas suporter Persib Bandung (bobotoh) menyatakan siap mendatangi Kantor PSSI di Jakarta, jika hasil banding yang dilakukan tetap memberatkan tim Maung Bandung.

Persib mendapatkan 9 sanksi dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI usai menjamu Persija Jakarta pada laga pekan ke-23 Liga 1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage Bandung, Minggu (23/9/2018).

Persib dihukum menggelar laga kandang di luar Pulau Jawa dan tanpa disaksikan penonton hingga akhir musim. Selain itu, tiga pemain asing --Bojan Malisic, Jonathan Bauman, dan Ezechiel N'Douassel-- mendapatkan sanksi larangan bertanding antara dua hingga lima laga.

Pengurus Viking Persib Club (VPC), Teddy Ekek, mengaku awalnya gerakan mendatangi markas PSSI itu akan dimulai Rabu (10/10/2018), dengan mengumpulkan seluruh elemen komunitas bobotoh di Lapangan Saparua, Kota Bandung.

"Tadinya kami akan mengadakan sharing dengan elemen bobotoh. Semua berkumpul untuk menyatukan visi dan misi. Tapi tidak mendapatkan izin dari pihak kepolisian," ujar Teddy dikutip bola.com.

Menurut Teddy, rencana pergerakan akan tetap dilakukan setelah ada keputusan banding.

"Tapi kami tidak akan mempusatkan gerakan harus di mana-mananya. Kalau dipusatkan akan bahaya. Jadi bergerak dengan sendiri-sendiri. Seperti di Tasikmalaya yang sudah bergerak dan turun ke jalan menyuarakan aspirasinya," katanya.

Hal senada dikemukakan Ketua Umum Bobotoh Maung Bandung Sajati (The Bombs) Nevi Efendi. Pihaknya juga akan menunggu hasil banding sebelum melakukan pergerakan.

"Mungkin juga para pengurus komunitas bobotoh akan berbicara dulu dengan manajemen Persib Bandung. Biar tahu harus seperti apa bagusnya," tegas Nevi.

Aksi perlawanan Bobotoh sudah dimulai melalui Twitter dengan tagar #BandungMelawan dan yang tebaru #MyanmarDay. Aksi turun ke jalan sudah dimulai di Tasikmalaya dengan long march. Poster "Revolusi PSSI" juga bertebaran di kota Bandung dan kota lain di Jawa Barat.

Saat Persib menggelar laga kandang di Stadion Batakan, Balikpapan, dengan menjamu Madura United, bobotoh setempat menyambut tim Persib dengan pesan khusus "Fokus main, kami yang melawan (PSSI)".

Sanksi yang dijatuhkan PSSI dinilai tidak adil karena pengeroyokan Jakmania hingga tewas terjadi di luar stadion dan sebelum pertandingan dimulai. PSSI tidak memberikan sanksi seberat yang diterima Persib saat bobotoh bernama Rangga juga meninggal dunia akibat dikeroyok Jakmania di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Ketidakadilan itu membuah bobotoh geram dan akan memberikan perlawanan.*

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon