Persib Boleh Gelar Laga Kandang di Bali atau Palembang, Tidak Harus Kalimantan

Persib Boleh Gelar Laga di Bali atau Palembang, Tidak Harus Kalimantan
Persib Bandung bisa menggunakan stadion di luar Pulau Kalimantan, seperti di Pulau Bali atau Kota Palembang, setelah mendapat sanksi dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI berupa larangan menggelar laga kandang di Pulau Jawa.

Maung Bandung tidak boleh menggelar enam pertandingan kandang di sisa musim ini di Bandung.

Dalam rilis hasil sidang Komdis PSSI pada Senin (1/10), Persib harus menjalani laga kandang di luar Pulau Jawa dengan rujukan di Pulau Kalimantan.

PT Liga Indonesia Baru mengatakan ada surat lain yang berkaitan dengan sanksi untuk Persib. Dikatakan Direktur Operasional PT LIB, Tigor Shalomboboy, Persib bisa memilih beberapa stadion di luar Pulau Jawa, namun, tidak hanya terpaku pada stadion di Pulau Kalimantan.

"Berdasarkan surat tembusan [berbeda] dari PSSI ke Persib yang saya terima disebutkan kalau boleh menggunakan stadion di luar Pulau Kalimantan. Artinya tidak spesifik di Kalimantan, tapi di tempat lain sepanjang itu di luar Pulau Jawa," kata Tigor.

Banyak alternatif stadion yang bisa digunakan Persib sebagai markas sementaranya di luar Pulau Jawa. Di Kalimantan, sedikitnya ada tiga stadion yang bisa dipakai, yakni Stadion Segiri, Stadion Batakan dan Stadion Aji Imbut, Tenggarong.

"Persib juga bisa berbagi stadion dengan Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Selain itu, Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang juga bisa menjadi pilihan lain," sebut Tigor.

"Saat ini belum ada informasi soal stadion yang akan digunakan Persib. Hari ini rencananya mereka [Persib] baru akan memutuskan. Pastinya ada stadion yang sesuai standar," imbuhnya.

Persib juga bisa memilih beberapa stadion berbeda untuk jadi markas sementara saat menjalani hukuman sanksi dari PSSI. Asalkan Pangeran Biru memberitahukan perubahan lokasi pertandingan dalam periode yang cukup untuk tim tamu.

"Bisa saja karena itu hak mereka [Persib] asal jangan dadakan. Paling aman 10 hari sebelum pertandingan. Tapi, biasanya kedua klub sudah berkoordinasi secara internal soal perubahan," ujar Tigor.

Hingga kini manajemen Persib belum menentukan stadion yang akan dipilih. Sebab, mereka akan berupaya mengajukan banding untuk meminta keringanan hukuman. 

"Masih belum (memilih stadion) karena keputusannya ngaco dan tidak berdasar. Ini sanksi yang tidak berdasar," kata Manajer Persib Umuh Muchtar.

Saat ini, tercatat ada tiga stadion di Kalimantan yang aktif digunakan untuk menggelar pertandingan Liga 1. 

Ketiga venue itu adalah Stadion Batakan Balikpapan, Stadion Aji Imbut Tenggarong Kutai Kartanegara, dan Stadion 17 Mei Banjarmasin. 

Mengacu pada jadwal, laga kandang pertama Persib setelah diberikan sanksi adalah menjamu Madura United. Setelah itu, masih ada lima laga kandang lainnya yang harus dimainkan Persib hingga Desember mendatang, masing-masing menghadapi Persebaya Surabaya, Bali United, PSMS Medan, Perseru Serui, dan Barito Putera. (cnnindonesia.com/kompas.com).*

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 Response to "Persib Boleh Gelar Laga Kandang di Bali atau Palembang, Tidak Harus Kalimantan"

Post a Comment