October 5, 2018

Potensi Guncangan Sesar Lembang Diperkirakan Lebih Kecil dari Gempa Palu

Bandung Aktual | October 05, 2018

pergerakan Sesar Lembang
Potensi gempa bumi Sesar Lembang menjadi perhatian pasca gempa di Palu, Sulawesi.

Menurut peta zonasi, kawasan Selatan Bandung, daerah Gedebage, termasuk Stadion GBLA, sangat rentan terdampak.

Pergerakan Sesar Lembang diprediksi akan mengguncang kawasan Bandung Raya dan sekitarnya.

Namun, menrut ahli, gempa yang akan terjadi diperkirakan tidak akan sebesar guncangan di Palu. 

Menurut Peneliti Utama Pusat Survei Geologi Badan Geologi, Asdani Soehaimi, pergerakan Sesar Lembang sendiri belum bisa diprediksi. Kekuatannya diperkirakan hanya berkisar magnitude 6 SR atau lebih kecil dari gempa Palu.

"Mungkin kekuatannya tidak sebesar Sulawesi jadi berdasarkan perhitungan saya dia lebih kecil dari pada 6 magnitude nya, tidak lebih dari pada itu," ujar Asdani dilansir laman Pikiran Rakyat, Jumat (5/10/2018).

Asdani menjelaskan, Patahan Lembang yang terbentang sepanjang 29 Kilometer dari ujung Bandung bagian Barat hingga ke Timur itu terbagi kedalam tiga segmen, yakni barat, tengah, dan timur. Maka dari itu kemungkinan pergerakannya tidak akan bersamaan.

Sesar Lembang juga dinilainya tidak seaktif patahan yang berada di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pasalnya, daerah Bantul memang dekat dengan sumber gaya gempa bumi yaitu subduksi selatan Yogyakarta. Sedangkan Patahan Lembang jaraknya jauh dari selatan Jawa Barat.

"Patahan Lembang ini agak jauh di selatan Jawa Barat, tapi Bantul itu dekat sekali, lebih dekat lah dibanding Lembang," imbuhnya.

Asdani menduga, di bawah Sesar Lembang masih ada patahan lainnya yang belum teridentifikasi. Oleh karenanya, dugaan tersebut perlu dikaji lebih dalam lagi, karena pertanyaannya adalah apakah Lembang yang punya rekam jejak gempa bumi itu, sama karakteristiknya dengan patahan yang berada dibawahnya.

"Nah fenomena ini yang perlu kita kaji kedepan apakah yang kita lihat sekarang, lembang yang ada record gempanya sama atau tidak dengan patahan yang berada di bawahnya," paparnya.

Dari peta perihal kemungkinan sesar lembang bergerak, daerah yang terdampak yakni Bandung Selatan yang disusun dengan endapan quarter yang sangat mudah.

"Itu sangat mudah terdampak gempa bumi. Menurut peta zonasi yang kita buat yang berwarna merah itu berada di Selatan Bandung, daerah Gedebage, termasuk kawasan Stadion GBLA, itu daerah-daerah sebelah situ sangat rentan terdampak," jelasnya.

Masyarakat Bandung Rayab dimbau tetap tenang dan tidak termakan isu seputar potensi gempa akibat pergerakan Sesar Lembang ini.*

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon