Sanksi untuk Persib: Dari Denda Hingga Pengurangan Poin & Diskualifikasi

Sanksi untuk Persib: Dari Denda Hingga Pengurangan Poin & Diskualifikasi
PERSIB Bandung dan bobotoh tengah harap-harap cemas menunggu sanksi dari PSSI terkait tragedi GBLA berupa tewasnya seorang Jakmania akibat pengeroyokan.

Sanksi akan diumumkan Rabu (3/10/2018) setelah tim investigasi bentukan PSSI bekerja.

Para rival mengusulkan Persib dikenai sanksi pengurangan poin hingga diskualifikasi atau degradasi ke Liga 2.

Namun, fakta tragedi GBLA menunjukkan, pengeroyokan terjadi di luar stadion dan tiga jam sebelum pertandingan Persib vs Persija dimulai. Artinya, sebenarnya Persib sama sekali tidak bersalah dalam kasus ini, sebagaimana dikemukakan pakar hukum.

Pengamat juga mengatakan Persib tidak sepenuhnya salah. Bobotoh pun menyuarakan "kalahkan Persib di lapangan, bukan dengan sanksi".

Sanksi Denda & Tanpa Penonton

Menurut analisis Pandiftootball, Persib kemungkinan besar hanya akan mendapatkan sanksi denda dan larangan tanpa penonton untuk periode waktu tertentu.

Sanksi terberat sepertinya sebatas bermain di tempat netral atau Persib tidak bisa lagi menggunakan Stadion GBLA.

Alasannya, korban dikeroyok sebelum pertandingan dan pengeroyokan terjadi di luar area Stadion GBLA. Pihak kepolisian menyebut Tempat Kejadian Perkara (TKP) ada di Ring 4, yaitu sekitar gerbang masuk kompleks stadion.

Selama ini Komdis PSSI lebih akrab dengan hukuman denda pada kasus kekerasan atau kerusuhan suporter. Hukuman pengurangan poin, bahkan sampai degradasi sebagaimana yang diisukan belakangan, belum pernah diambil.

Pengurangan poin pernah diberikan pada Persebaya pada 2014 karena menunggak gaji salah satu pemainnya. Itu pun hukuman dijatuhkan oleh FIFA, bukan PSSI.

Hukuman pengurangan poin dan degradasi bukannya tidak disebutkan dalam Kode Disiplin PSSI 2018. Namun, mayoritas pelanggaran yang berpotensi mendapatkan hukuman ini tidak terkait dengan tingkah laku buruk suporter.

Hukuman pengurangan poin akan diberikan kepada:

  • Tim yang memainkan pemain tidak sah (pasal 56)
  • Kesebelasan yang menolak melanjutkan pertandingan dengan meninggalkan pertandingan termasuk protes berkepanjangan (pasal 57)
  • Tidak menghadiri pertandingan (pasal 58)
  • Kesebelasan atau penonton bertindak diskriminatif dan rasis secara berlebihan (pasal 60)
  • Tidak mematuhi keputusan Komdis (pasal 67).


Untuk hukuman degradasi sendiri diberikan pada kesebelasan atau badan yang pemain atau pihaknya terlibat korupsi (Pasal 64), tidak mematuhi keputusan Komdis (Pasal 67), dan terlibat pengaturan skor (Pasal 72).

Hukuman berat kepada Persib Bandung juga akan mendapatkan perlawanan dari kubu Persib, terutama bobotoh. Mereka akan membandingkan sanksi yang diberikan kepada Persija saat seorang bobotoh tewas dikeroyok Jakmania di dalam Stadion GBK Senayan Jakarta musim 2012.

Sanksi atau hukuman yang tidak adil akan memunculkan perlawanan massif dari kubu Persib. Jutaan bobotoh sedunia tidak akan tinggal diam jika tim kesayangannya diperlakukan tidak adil.*

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 Response to "Sanksi untuk Persib: Dari Denda Hingga Pengurangan Poin & Diskualifikasi"

Post a Comment