December 29, 2018

logo bandung aktual

Pemkot Bandung Larang Mushola di Basement Pusat Perbelanjaan & Hotel

Bandung Aktual | December 29, 2018

Pemkot Bandung Larang Mushola di Basement Pusat Perbelanjaan & Hotel
Setiap bangunan komersial seperti mal dan hotel di Kota Bandung kini tak boleh menempatkan tempat shalat (mushola) di lantai bawah tanah, area basement, atau atau lahan parkir.

Alasannya, tempat ibadah harus dimuliakan dan basement bukan untuk aktivitas manusia melainkan tempat menyimpan kendaraan (parkir).

Aturan soal mushola ini tertuang dalam Perda Bangunan Gedung yang disahkan Kamis 27 Desember 2018.

Menurut Wali Kota Bandung Oded M Danial, setiap bangunan harus memiliki tempat ibadah yang layak dan menempatkannya tidak di basement atau lahan parkir.

"Kalau semangat Perda seperti itu, harapan Mang Oded ke depan semua pembangunan di Kota Bandung terutama tempat-tempat shopping mengindahkan itu," ujar Oded dikutip detik.com.

Menurut  Oded, keberadaan tempat ibadah akan semakin membuat pengunjung merasa nyaman.

"Kalau (musala) disimpan di basement, Mang Oded terus terang saja beberapa kali ke tempat shopping seperti itu geus hoream datang deui (sudah malas datang lagi). Toh dengan ditempatkan pada tempat yang layak dan mudah dijangkau, malah membuat pengunjung semakin nyaman untuk datang," tuturnya.

Anggota DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan mengatakan, dari pemantauan di lapangan, banyak bangunan komersial, seperti pusat perbelanjaan, hotel, dan apartemen yang menempatkan mushola di basement.  "Namanya tempat ibadah harus dimuliakan," kata Tedy.

Anggota DPRD Kota Bandung lainnya, Folmer Silalahi mengatakan, dalam Perda baru ini pemilik gedung wajib memberi kenyamanan dan keselamatan terkait akses penunjang, seperti musala, lift untuk disabilitas dan manula, sarana laktasi ibu menyusui, hingga ruang merokok.

"Harus ada standarnya. Itu ada di perda. Penempatan musala dan lain-lain itu tidak boleh di basement, karena bukan untuk aktifitas manusia. Dia lebih pada tempat menyimpan kendaraan. Jadi lebih baik fungsi-fungsi sosial itu musala, ruang menyusui, itu dilakukan di ruang utama,” ujarnya.*

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon