December 18, 2018

logo bandung aktual

Incar Saham Persib, Bobotoh Resmi Bentuk Koperasi

Bandung Aktual | December 18, 2018

Related Posts

Incar Saham Persib, Bobotoh Resmi Bentuk Koperasi
Suporter Persib Bandung (bobotoh) membentuk koperasi dengan nama Koperasi Bobotoh Juara Bersama (KBJB).

Koperasi terbentuk atas kerja sama pentolan bobotoh, manajemen Persib, dan Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa. 

"Ini sejarah. Saya memfasilitasi pembentukan koperasi ini dari interaksi yang cukup lama. Namanya Koperasi Bobotoh Juara Bersama. Kantornya di Jalan Belimbing No 18 Kota Bandung," kata Iwa,  Senin (17/12/2018), dikutip dari laman Pikiran Rakyat

Dalam susunan kepengurusan, Iwa menjabat sebagai ketua. Manajer Persib Umuh Muchtar menjabat posisi wakil ketua. Sekretaris diisi oleh Asep Abdul (Bomber) dan Heru Joko (Viking) sebagai wakil sekretaris. 

Presenter M Farhan terlibat sebagai bendahara. Ada 33 orang pendiri koperasi itu, 16 di antaranya anggota Polri yang dikenal di lingkungan bobotoh. 

Menurut Iwa, koperasi itu akan bergerak di bidang perdagangan umum, penyedia jasa, dan usaha simpan pinjam (USP). 

"Potensi anggota yang bisa terserap, Viking itu anggotanya 2,2 juta orang dan bomber 25.000 orang," ungkapnya. 

Iwa menambahkan, salah satu tujuan besar pembentukan koperasi itu yakni meningkatkan peran bobotoh dalam manajemen dengan pola pembelian saham klub Persib. 

"Koperasi bobotoh ini diharapkan jadi pemegang saham di PT Persib Bandung Bermartabat dan manajemen sudah membuka ruang agar koperasi ini bisa punya saham. Jadi bobotoh bagian dari pemilik Persib. Itu cita-cita ke depan," ungkap Iwa. 

Koperasi Bobotoh ini bakal diluncurkan dalam waktu dekat usai menyelesaikan proses administrasi dari Kemenkumham. 

Ketua Viking Persib Club (VPC) Heru Joko mengatakan, anggota koperasi bobotoh tak terbatas lingkup keorganisasian suporter. 

"Pokoknya untuk semua yang berjiwa bobotoh saja. Ini bukan ngomong organisasi," ungkap Heru. 

Ketua Harian Bomber, Agus Setia, menambahkan, rencana pembelian saham Persib merupakan upaya memperkuat keterlibatan suporter dalam ranah yang lebih tinggi. 

"Tujuan awal kami karena arahan pak Sekda beliau mengarahkan keluhan bobotoh apa ada tiket dan keganjilan dan sebagainya. Akhirnya kami berusaha bentuk koperasi. Jarak jauhnya jika koperasi sukses dan ada manfaat kenapa tidak membeli saham Persib," tutur Agus. 

"Kalau beli saham, akan ada suatu terobosan kami akan jadi bagian manajemen dan punya suara lebih. Akan lebih signifikan suara kami dan rasa memilikinya makin tinggi," tambahnya.

Anggota koperasi disepakati bobotoh yang terdaftar di organisasi antara lain Viking dan Bomber yang dibuktikan dengan kartu tanda anggota masing-masing.

Simpanan pokok disepakati Rp 1 juta dan bisa dicicil 20 kali, lalu simpanan wajib Rp 33 ribu per bulan.*

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon