January 25, 2019

logo bandung aktual

Jelang Tabligh Akbar UAS, Stadion GBLA Kemalingan, Diduga Libatkan Orang Dalam

Bandung Aktual | January 25, 2019

Related Posts

Jelang Tabligh Akbar UAS, Stadion GBLA Kemalingan
Menjelang Tabligh Akbar Ustadz Abdul Somad (UAS), Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) kemalingan. Sebanyak 7 baterai atau aki genset hilang.

Tujuh dari delapan accu menghidupkan pembangkit listrik genset di Stadion GBLA dilaporkan hilang, Senin (21/1/2019).

Hilangnya aki ini baru diketahui oleh pihak pengelola sehari berselang ketika mereka hendak menghidupkan listrik.

"Ketauan Selasa pagi. Saya sudah sampaikan ke pengelola untuk lapor ke polisi," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung , Dodi Ridwansyah, saat on air di PRFM, Jumat (25/1/2019).

Dodi menduga, pencurian ini turut melibatkan orang dalam. Pasalnya lokasi penempatan aki ini hanya diketahui orang-orang tertentu.

Dispora yang menjadi pengelola GBLA mengaku mengalami kerugian sebesar Rp50 juta dengan adanya kejadian ini.

"Memang harus dibongkar makanya kita ingin selidiki keterlibatan orang dalam," tuturnya.

"Kalau ada keterlibatan ASN pasti ada sanksi, kalau outsourcing langsung dipecat," tegasnya.

Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP M Rifai mengatakan, polisi telah mengecek lokasi kejadian sekaligus menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP).

"Iya ada pencurian terhadap aki atau baterai genset. Kami sudah olah TKP. Di sekitar penyimpanan genset tidak ada CCTV (closed circuit television)," kata Rifai dikutip Sindonews.

Kapolsek Gedebage Kompol Oesman IQ mengemukakan, baterai genset yang hilang dicuri berada di sekitar pintu utara dan timur Stadion GBLA.

"Yang dicuri tujuh unit aki genset. Pelaku masuk ke ruang penyimpanan genset dengan mencongkel pintu besi dan gembok. Aki ini masih baru karena diganti jelang PON," ujar Oesman.

Pencurian itu diketahui oleh dua saksi yang sedang mengecek saluran air di sekitar lokasi penyimpanan genset. Saat melintas gedung penyimpanan genset, kondisi sudah berantakan.

"Saat dicek saksi, tujuh aki sudah tidak ada dan air aki berceceran. Diduga sengaja dibuang supaya bisa ringan dibawa," tutur Kapolsek.

Oesman mengungkapkan, pelaku pencurian diduga lebih dari dua orang. Sebab, satu unit baterai genset berukuran besar yang harganya mencapai Rp2 juta lebih per unit.

"Kemudian pagar bagian luar sudah terbongkar dan terdapat bekas ban mobil. Kerugian diprediksi belasan juta," ungkap Oesman.

Aksi pencurian ini terjadi hanya beberapa hari sebelum acara tabligh akbar  Ust. Abdul Somad yang dijadwalkan berlangsung Sabtu (26/1/2019). Selain ceramah, acara dimeriahkan event lain sejak pukul 10.00 WIB.*

Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon