Pembangunan Masjid Al-Jabbar Danau Raksasa Gedebage Ditargetkan Selesai 2020

Pembangunan Masjid Al-Jabbar Danau Raksasa Gedebage Ditargetkan Selesai 2020

Masjid Al-Jabbar di kawasan danau buatan di Gedebage, kota Bandung, ditargetkan selesai 2020. Semula, masjid terapung di danau raksasa untuk menangani banjir itu ditargetkan selesai 2019.

Saat ini progres pembangunan masjid telah mendekati 80 persen.

Menurut Asisten Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Pemprov Jabar, Eddy Iskandar Muda Nasution, saat ini di lapangan sedang proses pemasangan bagian atap dan menara masjid. Kedua pekerjaan ditargetkan selesai akhir Februari 2019.

"Sekarang lagi penyelesaian bagian atap dan menara. Atap dan menara itu ditargetkan selesai akhir Februari. Sekarang secara total (progresnya) mendekati 80 persen," ucapnya dikutip detik.com.

Eddy melanjutkan, Pemprov Jabar tahun ini menyiapkan anggaran Rp90 miliar untuk melanjutkan pembangunan masjid tersebut. Dana itu akan digunakan untuk memasang plafon, listrik dan pengerjaan lainnya.

"Tahun ini tambahan untuk pembangunan itu Rp90 miliar. Itu diluncurkan kemarin Rp90 miliar untuk plafon sama listrik," katanya.

Pemprov Jabar telah menggelontorkan anggaran Rp500 miliar. Dia memperkirakan pembangunan itu dibutuhkan anggaran hingga Rp800 miliar.

"Kira-kira kalau sekarang itu Rp500 miliar. Nanti totalnya itu Rp800 miliar. Jadi diperkirakan baru 2020 selesai," katanya.

Mengenai pembangunan danau yang nantinya melengkapi masjid itu, dia menyatakan, bukan menjadi kewenangan Pemprov Jabar. Pembangunan danau raksasa itu ditangani oleh Balai Besar Wilayang Sungai Citarum (BBWS).

"Danau itu BBWS. Pengerjannya pararel dan mungkin (penyelesaian) lebih dulu dia," katanya.

Awal 2018 pembangunan masjid terapung itu sempat menuai masalah karena belum ada Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Pembangunan dilakukan hanya atas dasar Surat Persetujuan Pemanfaatan Ruang (SPPR) yang diterbitkan pada tahun 2016 lalu.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bandung, Arief Syaifudin, memastikan IMB Masjid Al Jabbar sudah ada.

"Sudah keluar, bareng dengan TP4D Provinsi Jabar pertengahan 2018 kemarin. Tepatnya saya lupa," ujar Arief.

Arief memastikan dengan telah selesainya semua perizinan maka pembangunan sudah sesuai prosedur. "Perizinan sudah selesai, jadi aman," katanya.

Pembangunan Masjid Al-Jabbar Danau Raksasa Gedebage Ditargetkan Selesai 2020

Selain Masjid Al-Jabbar dan danau raksasa, Pemkot Bandung tahun ini juga berencana menambah kembali kolam retensi di depan Pasar Gedebage.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, pembangunan tersebut akan disesuaikan dengan kemampuan anggaran yang ada saat ini.

"Saya kira, kita akan upayakan menambah (kolam retensi). Tentunya sesuai kemampuan anggaran. Tahun ini Inysa Allah kita bangun di depan Pasar Induk Gedebage," ujar Oded.

Menurut Oded, sesuai dengan analisis dan kajian para pakar, di Gedebage diperlukan kolam retensi lantaran daerah tersebut merupakan daerah terendah dalam peta Cekungan Bandung.

"Maka tidak hanya sekadar bangun retensi yang 20 hektar progam provinsi, tapi bangun yang lain kecil-kecil seperti di pasar nanti, juga diperlukan," katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung Arif Prasetya mengatakan retensi Gedebage akan menjadi salah satu solusi banjir yang berasal dari Sungai Cinambo Lama.

"Retensi di Gedebage rencananya dua kali lipat dari Sirnaraga. Itu akan menahan banjir dari Sungai Cinambo Lama yang di sebelahnya Pasar Gedebage," ucapnya.*

Dapatan info terbaru dari BandungAktual.com via Inbox Email Anda!

0 Response to "Pembangunan Masjid Al-Jabbar Danau Raksasa Gedebage Ditargetkan Selesai 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel