Sponsors

Bobotoh Persib Bandung diminta tidak lagi meneriakkan "Prabowo... Prabowo..." saat pembukaan Piala Presiden 2019 di Stadion Si Jalak Harupat (SJH), Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (2/3/2019).

Bobotoh Persib Diminta Tidak Teriak Prabowo di Pembukaan Piala Presiden 2019

Yel-yel "Pabowo" menggema saat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yang dikenal sebagai pendukung Jokowi, saat memasuki SJH pada laga Persib vs Arema FC 18 Februari lalu.

Menurut rencana, pembukaan Piala Presiden akan dihadiri langsung Presiden Jokowi di SJH Sabtu (2/3/2019).

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, bersama Ketua Asprov PSSI Jawa Barat, Tommy Apriantono, melakukan pertemuan dengan pengurus kelompok suporter Persib, Viking Persib Club (VPC), Bobotoh Maung Bersatu (Bomber), dan The Bombs di Aula Asprov PSSI Jabar, Bandung, Selasa (26/2/2019).

Dalam acara yang dihadiri ratusan bobotoh ini, Umuh menegaskan pertemuan tersebut dilakukan untuk mengingatkan kepada kalangan bobotoh agar pada pelaksanaan pembukaan turnamen Piala Presiden 2019 yang ditayangkan Indosiar di Stadion Si Jalak Harupat tidak ada yel berbau rasis apalagi mengarah kepada hal politik.

"Kepada semua bobotoh yang hadir nanti (di Stadion Si Jalak Harupat), mohon dengan hormat, sayangilah Persib. Persib ini punya reputasi baik, jangan sampai di rusak dan jangan sampai ada rasisme," ujar Umuh dikutip bola.com.

Umuh meminta pada laga pembuka nanti, yang mempertemukan Persib kontra Tira Persikabo, bobotoh menyuarakan suara-suara dan nyanyian yang positif. Terlebih Presiden RI Joko Widodo direncanakan hadir di Si Jalak Harupat.

"Jadi pada pembukaan di Piala Presiden nanti harus nyaman. Mudah-mudahan bisa terulang lagi Persib juara Piala Presiden," imbuh Umuh.

Tommy Apriantono menambahkan, Asprov Jabar ingin membantu Persib menjadi tuan rumah yang baik di turnamen Piala Presiden 2019.

"Mudah-mudahan suasana politik tidak masuk ke sepak bola, seperti contoh kemarin (laga leg pertama babak 16 besar) merupakan contoh yang tidak baik. Mudah-mudahan pada pertandingan nanti hanya murni nonton sepak bola saja," tambah Tommy.

Sebelumnya, ada dugaan Piala Presiden 2019 kental aroma politik menjelang Pilpres 2019. Piala Presiden diutamakan ketimbang Liga 1 dan Piala Indonesia karena ada kepentingan politik petahana di Pilpres 2019.

Ketua Panitia sekaligus Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto, merespons isu tak sedap yang mengaitkan Piala Presiden 2019 dengan Pilpres. Penyelenggaraan turnamen pramusim itu dianggap sebagai cara untuk mendukung salah satu pasangan capres di Pilpres.

Namun, Iwan membantahkabar tersebut. Menurutnya, isu yang berkembang tersebut berasal dari sumber yang tak jelas.

Ia pun menjelaskan bahwa Piala Presiden sudah ada sejak tiga tahun lalu. Tak aneh jika tahun ini kembali digelar lagi.

"Sekarang banyak berita yang mudah tersebar tanpa konfirmasi. Piala Presiden 2019 adalah penyelenggaraan tahun keempat. Piala Presiden adalah ajang pramusim yang digelar pada 1-2 bulan sebelum kompetisi dimulai,” katanya.

Hanya saja, penyelenggaraan tahun ini yang dimulai pada 2 Maret lebih dulu sekitar dua bulan sebelum Pilpres pada 17 April. Alhasil, ideal untuk dikaitkan dengan Pilpres. 

“Karena ajang pramusim maka sifatmya persiapan untuk klub mempersiapkan tim, mencoba pemain lokal, asing, dan pelatih,” ujarnya.

Jadwal Grup A Piala Presiden Piala Presiden 2019

Sabtu, 2 Maret 2019

Persib Vs PS Tira Persikabo
Perseru Vs Persebaya

Kamis, 7 Maret 2019

PS Tira Persikabo Vs Perseru
Persebaya Vs Persib

Selasa, 12 Maret 2019

PS Tira Persikabo Vs Persebaya
Persib Vs Perseru

Jadwal Grup A Piala Presiden Piala Presiden 2019

Show comments
Hide comments

Post a Comment