Stadion GBLA Rusak, Laga Persib vs Persiwa Ditunda dan Pindah ke SJH

Stadion GBLA Rusak, Laga Persib vs Persiwa Ditunda
Stadion GBLA Rusak, Laga Persib vs Persiwa Ditunda.

Pertandingan Persib Bandung vs Persiwa Wamena yang sedianya dilaksanakan Senin (4/2/2019) sore batal digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Bukan hanya batal digelar di GBLA, laga Persib vs Persiwa pada leg 2 babak 32 Besar Piala Indonesia itu juga ditunda atau dijadwal ulang.

"Sehubungan dengan tidak adanya rekomendasi dari Polrestabes Bandung terkait keamanan infrastruktur GBLA, maka pertandingan leg ke-2 Piala Indonesia antara PERSIB dan Persiwa resmi dijadwal ulang," demikian rilis Persib di akun Twitter resminya, Jumat (1/2/2019) malam.

Pertandingan Persib vs Persiwa ditunda karena Polrestabes Bandung tidak mengeluarkan izin penggunaan Stadion GBLA. Pasalnya, Stadion GBLA mengalami kerusakan sehingga berisiko jika digunakan pertandingan.

"Kami sudah berkoordinasi, membahas dengan Dinas Tata Ruang dan Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga). Tadi rekan-rekan juga sudah mengetahui kondisi stadion. Sehingga ini perlu pengkajian lebih lanjut," kata Kapolrestabes Bandung, Kombespol Irman Sugema, usai rapat koordinasi Jumat 1 Februari 2019 dikutip situs resmi Persib.

"Demi keamanan dan keselamatan, kita menyarankan kepada Panpel Persib agar sementara tidak menggunakan Stadion GBLA," tegas Irman.

Irman mengaku tidak mau mengambil risiko terkait keselamatan dan keamanan jika tetap memaksakan bermain di GBLA.

"Rekomendasi dari Dinas Tata Ruang dan Dispora juga menjadi pertimbangan. Mereka menyampaikan sebaiknya jangan di GBLA. Ini menjadi pertimbangan pihak kepolisian untuk menyarankan hal yang sama. Untuk sementara Persib tidak menggunakan GBLA," tegasnya.

Kepala Dinas Tata Ruang Kota Bandung, Iskandar Zulkarnaen, menjelaskan kondisi terkini Stadion GBLA.

Menurut Iskandar, stadion berkapasitas 38 ribu tempat duduk itu mengalami kerusakan, seperti penurunan permukaan tanah dan keretakan di beberapa bagian bangunan.

"Ya, ini hasil kita ke lapangan bareng sama pihak dari Polrestabes. Memang konstruksi di GBLA terjadi penurunan (tanah). Bisa terlihat dari foto bukti yang kita sampaikan sebelumnya," ujar Iskandar.

Dengan alasan keamanan dan keselamatan, Iskandar merekomendasikan agar GBLA tidak dipergunakan dahulu.

"Memang pada saat ada beberapa jalan masuk ke stadion ada penurunan. Sehingga kalau dipaksakan akan jadi risiko. Karena kita penelitiannya baru sehari. Jadi, kita butuh pendalaman lebih lama. Kami hanya merekomendasikan mengenai kondisi di lapangan saja," paparnya.

Panitia Pelaksana (Panpel) pun memilih untuk memakai Stadion Si Jalak Harupat (SJH) Kab. Bandung. Kendati demikian, proses izin tersebut kembali memakan waktu sehingga pertandingan Persib vs Persiwa dijadwal ulang.

Panpel akan berkoordinasi dengan manajemen Persib dan melaporkannya kepada PSSI sebagai operator Piala Indonesia. Memungkinkan, laga 32 besar leg kedua Piala Indonesia mundur dari waktu semula.

“Kami tidak ingin ada kejadian apa-apa yang tidak kami harapakan, tapi mudah-mudahan (keputusan) yang terbaik dari PSSI seperti apa kalau tidam memungkinkan di tanggal 4 mungkin kita bisa mengajukan waktu yang lebih longgar lagi karena izin pun tidam bisa mendadak, kami akan bersurat ke PSSI setelah berkomunikasi dengan manajemen,” urai General Coordinator Panpel Persib Budhi Bram Rachman dilansir Simamaung, Jumat (1/2/2019).

Stadion Si Jalak Harupat Kab. Bandung menjadi opsi lanjutan meski jadwal harus mundur dari semula. Bram menilai SJH lebih siap dipakai karena telah menjalani perbaikan total atas digelarnya pertandingan cabang sepakbola di ASIAN Games 2018 lalu.

“Kita akan coba mudah-mudahan, Si Jalak Harupat saya pikir layak kemarin sudah dipakai ASIAN Games sudah ada renovasi total juga dibanding Si Jalak Harupat beberapa tahun lalu, sekarang lebih aman,” katanya.



Dapatan info terbaru dari BandungAktual.com via Inbox Email Anda!

0 Response to "Stadion GBLA Rusak, Laga Persib vs Persiwa Ditunda dan Pindah ke SJH"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel