Sponsors

Persib Bandung menjadi salah satu tuan rumah Piala Presiden 2019. Maung Bandung menyiapkan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage, kota Bandung, sebagai markas.

Stadion Gelora Bandung Lautan Api


Piala Presiden dimulai pada 2 Maret 2019. Turnamen pramusim Liga 1 2019 itu diikuti oleh 20 klub. Lima kota sebagai tuan rumah babak penyisihan akni Bandung, Bekasi, Magelang, Sleman, dan Malang.

Persib tergabung di Grup A bersama Persebaya Surabaya, Perseru Serui, dan PS Tira Persikabo. Babak penyisihan grup bakal berlangsung pada 2-16 Maret.

Manajer Persib, Umuh Muchtar, menyatakan pihaknya menyiapkan Stadion GBLA sebagai venue pertandingan babak penyisihan Grup A.

"Pasti GBLA, GBLA dari dulu juga tidak apa-apa, tidak ada masalah," ujar Umuh diutip detikSport, Senin (18/2/2019).

Sebelumnya, Persib sempat dilarang menggunakan GBLA saat ingin menjamu Persiwa Wamena di babak 32 besar Piala Indonesia. Alasannya, GBLA dinilai tidak layak karena terjadi penurunan tanah dan keretakan di beberapa sudut stadion.

"GBLA kalau benar-benar tidak boleh karena membahayakan, tanda tangan (surat). Ini berita ya, itu 'kan uang rakyat ya, suruh bongkar saja. Bagikan aja, itu kan uang rakyat," tegasnya.

"Iya periksa lagi, tanda tangan di situ. Tapi, belum ada yang tanda tangan bahwa di situ tidak layak, tidak ada yang berani tanda tangan. Kalau tidak ada yang berani, saya suruh bongkar saja, ngapain susah-susah. Ada lapangan tidak diurus dan dipakai untuk apa, lebih baik dibongkar dan dibagikan," imbuhnya.

Piala Presiden 2019 akan berubah format. Di babak semifinal dan final, format kandang dan tandang akan diberlakukan.

Para juara grup nantinya akan maju ke perempatfinal. Tiga tim lainnya diambil dari runner-up terbaik dari seluruh grup. Fase ini bergulir pada 29 Maret sampai 21 Maret.

Babak perempatfinal akan menggunakan format single match. Tim yang menjadi tuan rumah nantinya diambil dari empat tim terbaik dari lima juara grup. Ini berbeda dari tahun lalu yang semua pertandingan berlangsung di kota yang sama.

Empat tim dari peringkat satu terbaik akan masuk ke plot A untuk pengundian dan sudah berstatus tuan rumah. Satu tim juara grup sisanya masuk ke plot B bersama tiga runner-up terbaik dan berstatus tim tandang.

Format kandang dan tandang akan diberlakukan di semifinal, berbeda dengan tahun lalu. Fase ini akan bergulir mulai 2 April sampai 6 April.

Puncak Piala Presiden 2019 juga akan menggunakan format kandang dan tandang. Leg pertama final akan bergulir 9 April dan leg kedua berlangsung pada 12 April 2019.*

Show comments
Hide comments

Post a Comment