May 16, 2019

logo bandung aktual

PPDB SMA Kota Bandung 2019

Bandung Aktual | May 16, 2019

Related Posts

PPDB SMA Kota Bandung 2019
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/sederajat di Kota Bandung sepenuhnya menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, konsultasi dan koordinasi PPDB setingkat SMA hanya bisa disampaikan kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat melalui sekolah.

Tim Perumus Perwal PPDB Kota Bandung, Edy Suparjoto mengungkapkan, selama ini masih banyak orang tua yang hendak menyekolahkan anaknya ke SMA namun menyampaikan keluhan maupun aduan ke Disdik Kota Bandung.

Jika hal itu terjadi, pihaknya akan langsung mengarahkan orang tua untuk melapor ke Disdik Provinsi Jawa Barat.

“Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat juga menyediakan help desk atau layanan pengaduan. Pengaduan itu bisa melalui sekolah atau kanal-kanal yang disediakan,” ungkap Edy dikutip Pikiran Rakyat.

Edy menjelaskan, pengaduan PPDB 2019 tingkat SMA dapat disampaikan kepada Panitia Penyelenggara PPDB 2019 melalui sekolah, Kantor Cabang DInas (KCD), atau Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Warga atau orang tua bisa menghubungi kanal resmi, seperti website ppdb.disdik.jabarprov.go.id; surat elektronik (surel) ppdb@disdik.jabarprov.go.id; Facebook Disdik Jabar; Twitter @disdik_jabar; dan Instagram @disdikjabar.

Khusus untuk pengaduan dan permintaan informasi PPDB tingkat TK, SD, dan SMP, Dinas Pendidikan juga menyediakan layanan informasi dan pengaduan.

Warga bisa mencari informasi yang diperlukan di website disdik.bandung.go.id/ppdb2019 atau mengajukan pertanyaan melalui Instagram @disdikbdg.

Warga juga bisa melakukan konsultasi tatap muka melalui layanan helpdesk di setiap sekolah.

“Kalau pengaduan beda lagi. Itu langsung saja melalui lapor.go.id atau sms ke 1708. Nanti pasti akan kami tindaklanjuti,” katanya.

Jadwal PPDB SMA Jabar 2019

Menurut  Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar Dewi Sartika, PPDB tahun ini tetap merujuk Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018. Formasi PPDB tahun ini, hanya 34 persen lulusan SMP yang akan diterima SMA negeri.

"Kami masih tetap mengacu pada Permendikbud ya. Kita hanya menerima 34 persen untuk SMA negeri, otomatis 66 persen sisanya swasta," kata Dewi.

Dewi mengatakan, penerimaan siswa baru SMA negeri di Jabar akan didasarkan pada sistem zonasi (90%), prestasi (5%), dan perpindahan (5%).

Pendaftaran PPDB tahun ini tetap menggunakan sistem online melalui websiteppdb.disdik.jabarprov.go.id. Pendaftaran dimulai dari tanggal 17 - 22 Juni 2019.

Tahapan selanjutnya yaitu verifikasi administrasi mulai 24 - 26 Juni dan pengumuman pada 29 Juni. Nantinya pengumuman dilakukan oleh sekolah masing-masing.

Daftar ulang 1 - 2 Juli. Sedangkan MPLS mulai 16 - 18 Juli 2019.*




Show comments
Hide comments


EmoticonEmoticon