Sponsors

Jelang Lawan Bhayangkara FC, Persib Evaluasi Konsentrasi dan Gaya Bermain
Persib Bandung akan melawan Bhayangkara FC pada pertandingan pekan keenam Liga 1 2019, Minggu 30 Juni 2019.

Sudah tiga kali imbang di tiga laga terakhir, skuat Maung Bandung diharapkan bermain lebih lugas dan tidak kehilangan konsentrasi sejak menit awal hingga akhir laga.

Persib mengawali musim Liga 1 2019 dengan kemenangan 3-0 atas Persipura Jayapura. Namun, pasukan Robert Rene Alberts hanya berhasil membawa pulang satu poin usai imbang saat tandang ke markas Semen Padang.

Persib kembali tak mampu meraih kemenangan pada dua laga kandang. Setelah imbang 1-1 saat menjamu PS Tira Persikabo, Persib kembali imbang 1-1 saat kedatangan Madura United di Stadion Jalak Harupat.

Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, menganggap tiga hasil imbang yang diperoleh Maung Bandung tidak terlepas dari cara bermain Supardi Nasir dan kawan-kawan.

"Kalau kita lihat agak berat juga pertandingan di kandang. Buat saya, kalau di kandang imbang itu namanya kalah. Apalagi kalau benar-benar kalah, apalagi di kandang, sangat rugi," kata Umuh kepada CNNIndonesia.com.

Menurut Umuh, ada beberapa faktor yang membuat penampilan para pemain Persib kurang maksimal di dua tiga laga terakhir. Padahal, Rene Alberts disebut sudah menjadi pelatih ideal untuk bisa menangani tim sekelas Persib.

Umuh mengatakan, Persib bukan saja tidak beruntung karena banyak peluang dan mendominasi permainan, tetapi juga pemain yang tidak tenang, grogi, sehingga hilang konsentrasi.

"Saya sudah bilang, anggap seperti kita sedang mendapatkan kartu merah. Biasanya kalau tim sudah kena kartu merah pasti lebih semangat, jadi lebih konsentrasi, semua main jadi mati-matian," tegasnya.

"Pemain ini kurang pintar memanfaatkan status kandang buat mencuri poin. Dari dulu kami itu sering kebobolan di menit akhir. Mudah-mudahan ke depannya bisa lebih baik. Ini pelajaran buat kami. Saya minta pemain bertanya ke diri mereka sendiri, kenapa bisa seri lagi? Sayang-sayang padahal kita bisa menang," tutup Umuh.

Tim pelatih Persib mengaku sudah melakukan evaluasi. Menjaga fokus permainan di 15 menit akhir menjadi pekerjaan utama pelatih dan pemain tim Maung Bandung.

"Saya pikir seperti yang sudah dikatakan kemarin di jumpa pers, kami sangat tidak beruntung gagal meraih tiga poin. Tapi kami harus melihat diri sendiri dan harus bisa mengontrol permainan di 15 menit terakhir," kata pelatih Persib, Robert Alberts.

"Jika kami terus bermain seperti ini (lawan Madura United) dan mencetak lebih banyak gol, kami bisa saja memenangkan setiap pertandingan," ujar Robert.

Pelatih asal Belanda ini menilai secara performa para pemainnya sudah berjalan bagus. Namun ia mengharapkan Supardi Nasir dan kawan-kawan lebih tajam lagi memanfaatkan peluang mencetak gol.

"Banyak laga kami lalui dengan jumlah kesempatan mencetak banyak gol dan kami harus melakukan itu lebih efektif lagi. Karena kami fokus mencari poin juga," kata Robert.

Menghadapi Bhayangkara FC, Maung Bandung terancam penyerang andalan, Ezechiel N'Douassel.

Penyerang asal Chad itu mengalami cedera serius saat berhadapan dengan Madura United di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu (23/6). Dia mengalamai disklosi yang membuatnya berpotensi absen merumput lama.

"Mungkin, jika dia terpaksa absen karena cederanya ini bisa memberikan pengaruh cukup besar untuk tim. Seperti kita tahu, di tim inti dia adalah penyerang murni," ujar Robert dikutip situs resmi Persib.

Sejauh ini, Ezechiel memang selalu menjadi andalan lini depan Persib. Musim ini, dia memang baru mencetak satu gol di Shopee Liga 1. Namun, musim lalu, dia pencetak gol terbanyak untuk Persib dengan torehan 17 gol.

Saat ini, Ezechiel tengah mendapat perawatan intensif dari tim medis Persib. Dan, Robert menyatakan belum bisa memastikan apakah dia bisa tampil atau tidak lawan Bhayangkara FC.

"Kami akan melihat perkembangan terbaru (Eze) dalam proses latihan nanti. Dari situ kami dari tim pelatih bisa menilai kondisinya," ujar Robert.

Persib sendiri saat ini masih tertahan di posisi keenam klasemen Liga 1 2019. Mereka mengoleksi enam poin dari empat pertandingan hasil satu kali menang dan tiga kali imbang.

Lawan Bhayangkara FC merupakan laga tandang kedua bagi Persib di Liga 1. Sebelumnya, mereka sempat ditahan imbang tim promosi Semen Padang FC dengan skor 0-0 di kandang lawan.*

Show comments
Hide comments

Post a Comment